Selasa, 23 April 2024

Bapenda Jatim Raih 5 Penghargaan Pelayanan Publik dan Luncurkan Samsat ATM QRIS

Diunggah pada : 27 November 2023 13:25:26 87
Bapenda Jatim mendapat lima penghargaan dalam ajang Pameran Inovasi Pelayanan Publik dan Jatim Bureaucracy Fest

Jatim Newsroom – Badan Pendapatan Daerah Provinsi Jawa Timur (Bapenda Jatim) terus berupaya memberikan pelayanan publik terbaik kepada masyarakat. Hal ini terbukti dengan torehan berbagai prestasi di bidang ini. 

Mengutip akun instagram @bapendajatim, Senin (27/11/2023), Bapenda Jatim mendapat lima penghargaan dalam ajang Pameran dan Simposium Inovasi Pelayanan Publik Jawa Timur 2023, di Kota Batu.

Pertama, penghargaan Reformasi Birokrasi dengan predikat Memuaskan, penghargaan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) dengan predikat Sangat Memuaskan, serta penghargaan Budaya Kerja dengan predikat Sangat CETTAR. Selanjutnya, penghargaan Layak Menuju Predikat Wilayah Bebas Korupsi Pembangunan Zi UPT Gresik dan Zi UPT Surabaya Barat. 

Bapenda Jatim juga mengawal Samsat ATM QRIS yang baru saja diluncurkan Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa. Kepala Bappenda Jatim, Bobby Soemiarsono menjelaskan, inovasi ini merupakan pengembangan Samsat 4.0 yang sejak awal sudah dilakukan tetapi dengan bentuk yang berbeda. 

"ATM QRIS terbaru ini dibangun sendiri oleh Unit Pengelolaan Bapenda. Softwarenya, database termasuk alat-alatnya dibuat sendiri oleh tim samsat dan mesin ini tidak ada di pasaran. Khusus yang punya Bapenda Jatim," ujarnya.

Rencananya, mesin ATM QRIS ditempatkan di titik-titik yang banyak membutuhkan layanan, seperti kantor pos, Alfamart, dan kantor pemerintah di Kabupaten/ Kota. "Tujuannya agar lebih tertib membayar pajak kendaraan bermotor," terangnya. (idc/s)

#Jawa Timur #pelayanan publik #bapenda jatim #Samsat ATM QRIS