Minggu, 5 Mei 2024

Badan Pengelola Jurnal Fakultas Hukum UB Selenggarakan Coaching Clinic

Diunggah pada : 21 November 2023 10:38:53 20
Sumber foto: Humas UB

Jatim Newsroom - Guna mendukung pengembangan profesional dan akademis dosen dalam konteks penelitian dan publikasi ilmiah, Badan Pengelola Jurnal (BPJ) Fakultas Hukum Universitas Brawijaya (FH UB) mengadakan “Coaching Clinic Jurnal” di ruang meeting Gedung A FH UB, Senin, (20/11/2023).

Sebagaimana dalam rilis UB, Dr. Lucky Endrawati, S.H., M.H. selaku Ketua Badan Pengelola Jurnal (BPJ) FH UB dalam sambutannya mengatakan, tujuan diadakannya “Coaching Clinic Jurnal” ini adalah untuk membantu dosen dalam memahami, mengembangkan, dan meningkatkan keterampilan terkait penulisan dan publikasi jurnal ilmiah, termasuk kemampuan menyusun argumen ilmiah yang kuat, menyusun abstrak, dan menyusun artikel yang terstruktur dengan baik.

Proses penerimaan artikel di jurnal bereputasi internasional bersifat selektif dan kompetitif. Dalam kegiatan ini, para peserta didampingi langsung oleh mentor akademis yang sudah mempunyai jurnal bereputasi internasional. Harapannya output yang akan didapat nantinya adalah akan lebih banyak dosen yang bisa mengirimkan jurnalnya untuk di publish di beberapa jurnal bereputasi internasional.

“Kegiatan ini membantu penulis mengatasi kendala yang mungkin mereka hadapi dalam menyusun artikel penelitian dan meningkatkan peluang diterbitkan di jurnal bereputasi internasional. Pendampingan penulisan jurnal ini memiliki banyak manfaat yang mendasar, baik untuk penulis itu sendiri maupun untuk kemajuan ilmiah secara keseluruhan,” ujar Lucky.

Beberapa manfaat “Coaching Clinic Jurnal” yang dilakukan BPJ FH UB ini adalah untuk membantu penulis untuk merinci dan menyempurnakan rancangan penelitian, memastikan bahwa metodologi yang digunakan sesuai dan hasil penelitian dapat diandalkan.

Selain itu, proses pendampingan memberikan kesempatan bagi penulis untuk memperbaiki keterampilan penulisan mereka, termasuk pemilihan kata, struktur kalimat, dan penyampaian ide dengan jelas. Lalu penulis dapat mendapatkan wawasan yang lebih mendalam tentang dunia publikasi ilmiah, termasuk etika penelitian, proses editorial, dan standar yang diharapkan oleh jurnal.

“Coaching Clinic Jurnal” yang dilakukan oleh BPJ FH UB adalah sebagai langkah yang penting dalam mendukung penulis untuk menghasilkan karya ilmiah yang berkualitas tinggi dan dapat memberikan kontribusi yang berarti dalam literatur ilmiah dan kenaikan pemeringkatan Fakultas Hukum di level internasional. (ghf/s)

#universitas brawijaya #Jurnal Ilmiah