Jumat, 20 September 2024

Australia Barat dan Pemprov Jatim Eratkan Kerjasama Tiga Sektor

Diunggah pada : 7 September 2023 11:45:37 261
Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur, Adhy Karyono saat memberikan sambutan di Invest and Trade Western Australia" Indonesia Connect Roadshow 2023" Hotel Mojopahit Surabaya, Rabu(6/9/2023)

Jatim Newsroom- Guna mempererat hubungan, Pemerintah Provinsi Jawa Timur kembali melakukan kerjasama dalam beberapa bidang dengan Pemerintah Australia Barat diantaranya bidang pendidikan, pariwisata, olahraga. Hubungan ini merupakan lanjutan kerjasama  yang terjalin selama 33 tahun.

Hal tersebut disampaikan Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur, Adhy Karyono dalam acara Invest and Trade Western Australia" Indonesia Connect Roadshow 2023"Hotel Mojopahit Surabaya, Rabu(6/9/2023). " Kami sangat mengapresiasi kerjasama yang sudah berjalan 33 tahun ini, dan berharap hubungan lima tahun kedepan antara Provinsi Jawa Timur dengan Australia Barat memberikan percepatan pembangunan masyarakat dan semakin mempererat hubungan kedua negara,"ujarnya.

Ia juga menyampaikan terima kasih atas kerjasama yang dilakukan dalam bidang pendidikan maupun ekonomi, seperti pengiriman para santri ke Australia Barat untuk mengikuti pelatihan bidang pertanian dan perternakan. Yang kedua, kerjasama dalam meningkatkan anak berkebutuhan khusus dengan memberikan pelatihan yang intensif bagi para pengajarnya. 

Selain itu, juga kerjasama dalam pengiriman perempuan inspirator pertanian serta pengurus pengorganisasian dan kerjasama konsorsium Perguruan Tinggi Negeri  di Jawa Timur dengan  Australia Barat dengan pembentukan Western Autralia - East Java University Consorsium. " Juga kerjasama dalam kolaborasi designer, ada saudara Embran Nawawi yang membuat batik khas Australia Barat yang ditampilkan dalam East Java Fashion Harmony 2022,"tambahnya. 

Sementara itu, Premier of Western Australia, Roger Cook mengatakan, kunjungan ini dilakukan untuk merayakan hubungan Western Australia dengan Jawa Timur yang menjadi dorongan bagi ekonomi dan lapangan kerja Western Australia. "Selama lebih dari tiga dekade, Western Australia dan Jawa Timur telah menikmati hubungan sister-state yang istimewa, yang dirayakan dan diperkuat melalui kunjungan ini. Hal ini adalah kesempatan untuk menguraikan cara-cara yang dapat kita lakukan untuk mengembangkan hubungan ekonomi dan budaya yang lebih erat,” jelasnya 

Ia juga menyampaikan, para delegasi Autralia Barat hari ini juga mengunjungi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Singhasari dan  menyaksikan penandatanganan Nota Kesepahaman dengan penyedia layanan pendidikan dan pelatihan Western Australia, yang menyediakan program peningkatan keterampilan atau pengembangan pelatihan.

Keikutsertaan delegasi bertujuan untuk memperdalam ikatan dengan mitra Indo-Pasifik, yang berfokus pada pengembangan keterampilan, pendidikan kejuruan, dan pelatihan. “Kunjungan ini bertujuan untuk mempromosikan lebih lanjut kolaborasi dalam produksi bersama audio-visual, pengembangan tenaga kerja terampil, serta pendidikan dan pelatihan kejuruan,” katanya.

Menurutnya, KEK ini merupakan pusat pengembangan pariwisata dan teknologi digital di Jawa Timur dan memainkan peran penting dalam kemitraan produksi film antara Western Australia dan Jatim. (mad/hjr)

 

#Sekdaprov Jatim