Jumat, 3 Mei 2024

Atlet Renang Ponorogo Borong Lima Emas dan Tiga Perak Haornas Cup 2022

Diunggah pada : 12 Oktober 2022 18:05:48 141
Dhefa Sakhiyya Akmal memamerkan Piala Kejuaraan Renang Haornas Cup 2022. Foto : Dhefa Sakhiya Akmal (Kominfo Ponorogo)

Jatim Newsroom - Gelar ratu renang layak disematkan kepada Dhefa Sakhiyya Akmal (15). Remaja putri asal Kelurahan Singosaren Kecamatan Jenangan Kabupaten Ponorogo itu menjadi pusat perhatian dalam Kejuaraan Renang Hari Olahraga Nasional (Haornas) Cup 2022 Kabupaten Madiun pada 8-9 Oktober lalu. Dhefa melakukan aksi fenomenal dengan memborong lima medali emas dan tiga medali perak. 

Putri pasangan Kukuh Subekti Widodo dan Soffa Laily Prawesty itu tak melewatkan satupun medali saat turun gelanggang di delapan nomor lomba sehingga mengukuhkan supremasinya di Kolam Renang Piranha. Padahal, Kejuaraan Renang Haornas Cup 2022 Kabupaten Madiun cukup bergengsi karena diikuti sekitar 390 atlet renang pelajar dari seantero Jatim. ‘’Mereka berasal dari 25 klub renang,’’ kata Ardyo Laksono, pelatih Dhefa (11/10/2022).

Ardyo memprediksi nama Dhefa kelak menjadi ikonik di cabang olahraga (cabor) renang. Pelajar kelas IX SMPN 1 Ponorogo itu masih memiliki karir yang panjang. Jika progres prestasinya terus meningkat, maka Dhefa bakal menemukan titik keemasanya di masa usia SMA. Catatan terbaik Dhefa sekarang ini adalah 30 detik dalam gaya bebas (front crawl), 35 detik gaya dada (breaststroke), dan 37 detik dalam gaya kupu-kupu (butterfly stroke). ‘’Progres latihan terus dipantau karena ini aset Ponorogo yang harus dijaga,’’ terangnya. 

Pelatih mematok jadwal latihan delapan kali seminggu pada pagi dan sore. Mulai latihan fisik hingga turun ke kolam renang. Ardyo sengaja mencatat progres capaian Dhefa di lintasan renang 16 kali dalam sebulan. Latihan akan lebih intens menyambut gelaran Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VII Jawa Timur 2023 mendatang. ‘’Persiapan mendulang medali emas harus dilakukann jauh-jauh hari,’’ ungkap Ardyo.

Sementara itu, Dhefa tidak serta merta berpuas diri dengan torehan prestasinya sekarang ini. Dia menganggapnya sebagai langkah awal menggeluti cabor renang. Tak urung, perenang junior itu harus rela berlatih saban Selasa, Rabu, Kamis, Sabtu, dan Minggu. Aktivitas latihan rutin berlangsung setiap pagi mulai pukul 05.00  hingga jam-jam sebelum masuk sekolah. Sepulang sekolah, Dhefa kembali harus berbasah-basah di kolam renang sampai menjelang maghrib. ‘’Enjoy saja karena hobi saya berenang,’’ ujar Dhefa. (why/n)

#kominfo jatim #kabupaten ponorogo #Haornas