Minggu, 23 Juni 2024

Upacara Bendera 17-an

Kasal : Prajurit Harus Mampu Bernavigasi pada Kondisi Penuh Tantangan

Diunggah pada : 17 Mei 2024 10:40:47 39
Upacara bendera 17-an yang diikuti para Pejabat Utama Koarmada II, Kasatker Koarmada II, para Perwira, Bintara/Tamtama dan PNS Koarmada II, bertempat di Dermaga Madura Ujung Surabaya, Jumat (17/5/2024)

Jatim Newsroom- Tugas TNI AL kedepan akan semakin meningkat, dinamika perkembangan lingkungan strategis baik global, regional maupun nasional sangat cepat dan kompleks, sehingga dituntut fleksibilitas, kemampuan adaptasi dan ketangguhan yang luar biasa dari TNI AL untuk mampu bernavigasi pada kondisi yang penuh tantangan.

Demkian amanat Kasal, Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali, S.E., M.M., M.Tr.Opsla yang dibacakan Kaskoarmada II Laksma TNI Isswarto, M.Tr.Opsla., CHRMP., mewakili Pangkoarmada II Laksda TNI Ariantyo Condrowibowo, saat upacara bendera 17-an yang diikuti para pejabat utama Koarmada II, Kasatker Koarmada II, para Perwira, Bintara/Tamtama dan PNS Koarmada II, bertempat di Dermaga Madura Ujung Surabaya, Jumat (17/5/2024).

Kasal mengapresiasi dan bangga atas semangat, dedikasi, loyalitas, serta militansi yang telah ditunjukkan seluruh prajurit. Beberapa kegiatan latihan saat ini sedang berlangsung diantaranya latma Cooperation Afloat Readiness and Training (Carat) tahun 2024, bersama US Navy dan USMC di Lampung, berikutnya latihan untuk melatih kemampuan peperangan ranjau yaitu Latma Republic Of Singapore Navy (RSN) dalam Latma Joint Minex Pandu 2024 di Batam. 

“Selain latihan, saat ini TNI AL juga telah merencanakan opsi rencana pemindahan personel ke IKN Nusantara di Kalimantan dengan rencana tahap awal pada September 2024. Agenda yang paling dekat yaitu rencana pelaksanaan upacara peringatan kemerdekaan RI tahun 2024 yang akan dilaksanakan di kawasan IKN,” kata Kasal.

Upacara diawali pengibaran bendera Merah Putih, mengheningkan cipta, Pembacaan teks Pancasila oleh Irup yang ditirukan oleh seluruh peserta upacara, dilanjutkan dengan Pengucapan Sapta Marga, Pembacaan Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945, Pembacaan Panca Prasetya Korpri, Pembacaan Data Pelanggaran, serta Pembacaan Amanat Kasal, dan diakhiri dengan pembacaan doa. (hjr)

#Koarmada II