Sabtu, 18 Mei 2024

Anggota DPR RI, Dyah Roro Harap Perusahaan di Gresik – Lamongan Serap Tenaga Kerja Lokal

Diunggah pada : 10 Juli 2023 11:19:09 395
Anggota DPR RI, Dyah Roro Esti Widya Putri saat serap aspirasi di Gresik. (Pca)

Jatim Newsroom - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (RI), Dyah Roro Esti Widya Putri meminta dan berharap perusahaan yang ada di Gresik dan Lamongan bisa menyerap tenaga lokal asli warga sekitar Gresik. Hal ini bisa terjadi multiplier effect dari adanya pabrik tersebut benar-benar dapat dirasakan oleh masyarakat. 

Dikatakannya, Gresik merupakan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) seperti JIIPE, Dyah Roro mengapresiasi Pemkab Gresik yang telah membuat Perda yang mengatur supaya tenaga kerjan KEK 60 persen diambil dari tenaga kerja lokal. “Mungkin yang ingin saya tekankan kepada pemerintah daerah adalah mohon dibantu agar itu terealisasi dengan baik,” jelas Roro ditemui di Surabaya, Senin (10/7/2023).

Pada dasarnya mayoritas industri itu dari pusat, oleh karena itu melalui fungsi Roro di DPR akan terus mengingatkan industri supaya peraturan daerah yang sudah berlaku itu terealisasi dengan baik dan disajikan kepada DPR fase fasenya selama ini seperti apa, agar wakil rakyat juga tahun kelompok masyarakat mana saja yang perlu diberdayakan dan belum tersentuh industri melalui CSR. “Termasuk keterwakilan perempuan itu sangat penting karena mereka punya peran penting dalam mendongkrak perekonomian keluarga dan juga perekonomian daerah,” ujarnya.

Selain itu juga, ia juga mengajak kepada generasi muda di Jatim untuk ikut atau melek berpolitik. Ajakan ini masih minimnya generasi muda masuk daftar parlemen DPR. Politikus muda asal fraksi Partai Golkar ini mengaku sengaja terjun ke politik itu karena panggilan hati  dan pengaruh besar keluarga khususnya dari ayah yakni Satria Yudha yang menjabat Ketua Dewan Energi Nasional.“Bapak saya dulu juga anggota DPR sehingga sejak kecil paham bagaimana politik itu karena kerap dilibatkan orang tua saat menggelar kegiatan politik khususnya menyapa konstituen di bawah,” kata Dyah Roro.

Alumnus paska sarjana universitas di UK London Inggris itu menyatakan ingin membalas budi pada bangsa dan negara yang telah memberikan kesempatan Roro bisa study ke luar negeri melalui program beasiswa.“Cara balas budi itu salah satunya dengan menjadi legislator sehingga saya bisa mengamalkan ilmu yang telah diperoleh untuk ikut mewarnai kebijakan kebijakan pemerintah dalam membangun bangsa dan negara ke depan,”katanya.

Anggota Komisi VII DPR RI yang akan berjuang kembali menjadi legislator di Senayan melalui Dapil Lamongan – Gresik pada Pileg mendatang ini mengaku tidak punya strategi khusus untuk mendulang suara kecuali dengan kerja kerja nyata baik di parlemen maupun turun ke lapangan menyerap dan memperjuangkan aspirasi masyarakat.

Mudah mudahan dengan kerja kerja nyata itu saya bisa mendapat amanah dan kepercayaan terpilih kembali menjadi wakil rakyat. Sekaligus bisa menjadi contoh generasi muda dan inspirasi banyak orang untuk terjun ke politik,” terang Dyah Roro.

“Bangsa dan negara ini membutuhkan perwakilan anak anak muda masuk dalam sistem parlemen karena 60 persen penduduk Indonesia saat ini hingga 2045 mendatang didominasi anak anak muda, generasi milenial dan gen Z,” imbuhnya.

Selain kerja nyata, Dyah Roro juga selalu berusaha mengikuti perkembangan di masyarakat terutama terkait isu-isu yang lagi ngetren disorot publik dengan cara memberikan sosialisasi hasil kerja kerja di parlemen dalam  menyikapi persoalan masyarakat melalui media sosial seperti IG, FB maupun TikTok dengan konten konten yang berbasis kinerja.

“Inilah cara kita merangkul anak muda supaya tidak apatis dan lebih percaya dengan institusi DPR maupun wakil rakyatnya karena likebility-nya itu sangat rendah dibanding institusi institusi yang lain,” jelasnya.

Diakui Roro, kepercayaan publik terhadap lembaga DPR juga masih rendah makanya di DPR itu punya Open Parlemen Indonesia untuk mendorong transparansi kinerja parlemen melalui sosial media agar bisa membuka ruang bagi publik untuk bisa tahu dan bisa lebih mengenal apa yang sebetulnya ada di dunia politik. (pca/hjr)

 

#DPR RI