Jumat, 3 Mei 2024

Ahli Waris Korban Laka Tol Sumo KM 712 Terima Santunan Jasa Raharja

Diunggah pada : 17 Mei 2022 18:10:41 122
Direktur Utama Jasa Raharja, Rivan Purwantono (tengah) saat penyerahan santunan kepada ahli waris korban meninggal kecelakaan Bus PO Ardiyansyah di jalan Tol KM 712

Jatim Newsroom-Langkah Jasa Raharja menanggung seluruh korban kecelakaan Bus PO Ardiyansyah di jalan Tol KM 712 adalah bentuk komitmen pemerintah melindungi warganya dalam bertransportasi. Hal itu terlaksana pada penyerahan santunan kepada ahli waris korban meninggal warga RW 1,2, dan 3 Benowo secara simbolis di kantor Kelurahan Benowo Surabaya, Selasa (17/5/2022).

Direktur Utama Jasa Raharja, Rivan Purwantono mengatakan, secara keseluruhan korban kecelakaan bus Ardiyansah sudah kita cover di lebih dari 5 Rumah Sakit (RS) yang ada di wilayah Mojokerto dan sekitarnya.“Hari ini kita lakukan penyerahan secara simbolis berkasnya walaupun santunannya telah diselesaikan kurang dari 24 jam,” katanya sesaat setelah lakukan penyerahan secara simbolis.

Rivan menjelaskan, penyerahan santunan kepada ahli waris merupakan bentuk kepedulian dan komitmen negara terhadap korban kecelakaan lalu lintas yang diamanatkan dalam undang-undang nomor 33 tahun 1964 melalui Jasa Raharja. Sedang besaran  santunan yang diberikan Jasa Raharja berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 16 dan 17 Tahun 2017, bahwa santunan bagi korban yang menjalani perawatan di rumah sakit, maksimal sebesar Rp 20.000.000 dan untuk korban meninggal dunia, santunan sebesar Rp50.000.000.

“Jasa Raharja ikut Prihatin, kiranya untuk sekarang yang masih di rawat di rumah sakut agar segera sembuh serta cepat bisa kembali ditengah keluarga,” tutur Rivan menyampaikan rasa duka yang mendalam kepada keluarga korban.

Rivan mengaku, bersama Pemerintah Kota Surabaya serta Badan Usaha Milik Negara (BUMN) akan membantu meningkatkan perekonomian keluarga korban. Terutama mereka yang kehilangan orang yang selama ini menjadi tulang punggung keluarga akibat kecelakaan tersebut.

“Kami bersinergi dengan BUMN akan membantu keluarga korban, tidak hanya menyerahkan santunan. Tetapi juga membantu meningkatkan kemampuan ekonomi dengan bermitra Permodalan Nasional Madani untuk memberi pelatihan dan sebagainya agar tetap ‘survive’. Tetap bisa semangat, walaupun mereka telah mengalami musibah saat ini,” jelas Rivan.

Sementara, Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi yang turut menyertai penyerahan santunan korban menyatakan, kami berterima kasih dengan cepatnya proses pemberian santunan yang langsung diberikan Dirut PT Jasa Raharja kepada perwakilan keluarga korban. Tapi dari Pemerintah Surabaya saya sudah mengunjungi semua korban yang ada di rumah sakit yang ada di Mojokerto, Sidoarjo dan Petro Gresik.

“Saya sampaikan di setiap rumah sakit ada perwakilan pemerintah Kota Surabaya. Sehingga para keluarga jika membutuhkan apapun tinggal colek saja pada perwakilan yang ada di tempat rumah sakit.” ujarnya.

Eri menegaskan, kami juga melakukan pendampingan kepada keluarga yang ditinggal orang tuanya dalam kejadian ini, juga adanya penjaminan dari Pemkot Surabaya untuk mendapat pendidikan sampai dengan tingkatan yang paling tinggi. “Dan semoga keluarga yang ditinggal diberi ketabahan juga cepat sehat bagi korban yang masih di rumah sakit serta bisa hilang traumanya,” pungkasnya.

Untuk diketahui, kecelakaaan Bus Ardiansyah nopol S 7322 UW di KM 712 Tol Sumo yang menabrak tiang variable message sign (VMS) mengakibatkan 14 orang meninggal dunia, dan selebihnya 18 orang lainya termasuk supir luka-luka tersebut tengah melakukan perjalanan pulang dari arah Jogjakarta menuju Surabaya usai berdarma wisaata di daerah Dieng, Jawa Tengah selama 2 hari sejak hari Sabtu, (14/5/2022) kemarin lusa.

Diduga sopir bus bernama Ade Firmansyah yang melaju dengan kecepatan sekitar 100 kilometer per jam di lajur lambat ngantuk akibat kelelahan yang menyebabkan bus saat tiba di km 712.200 /A, kendaraan oleng ke kiri dan menabrak tiang VMS (Variable Message Sign) di pinggir bahu jalan tol hingga ringsek dibagian depan, dan terguling. (hjr)

#jalan tol #jasa Raharja #tol sumo