Selasa, 23 April 2024

400 Siswa SMK Swasta se-Mojokerto Ikuti Seminar Literasi Digital

Diunggah pada : 19 Februari 2024 19:25:37 21
Seminar Literasi Digital di Kabupaten Mojokerto. Sumber Foto: Diskominfo Kabupaten Mojokerto

Jatim Newsroom - Sebanyak lebih kurang 400 siswa SMK Swasta se-Kabupaten Mojokerto mengikuti Seminar Literasi Digital, Senin (19/2/2024). Bupati Mojokerto, Ikfina Fahmawati menghadiri kegiatan yang bertempat di gedung olahraga SMK PGRI Sooko ini. 

Mengutip laman Pemerintah Kabupaten Mojokerto, seminar Literasi Digital yang diadakan oleh SMK PGRI Sooko bersama dengan Relawan TIK Indonesia itu bertajuk "Asah Kemampuan di Media Digital agar Menjadi SDM yang Unggul". 

Bupati Ikfina mengingatkan kepada seluruh siswa peserta seminar agar dapat bertindak bijak di dunia digital. Menurutnya, dunia digital yang sekarang ini sama dengan dunia nyata dalam segi bersosialisasi. Pasalnya di dunia digital pada era sekarang juga memiliki hukum dan aturan yang sama dengan dunia nyata. 

"Dunia digital itu sama dengan dunia nyata, ada peraturan-peraturan yang harus kita patuhi, ada hukumnya, apalagi sekarang juga banyak kejahatan di dunia digital, karena itu ada digital safety," tutur Bupati Mojokerto. 

Digital safety yang dimaksud ialah salah satu hal yang terdapat dalam 4 pilar literasi digital. Menurut Ikfina literasi digital adalah pedoman untuk bisa memanfaatkan dunia digital dengan baik dan bijak. 

"Kalau ingin memanfaatkan dunia digital dengan baik pahami dulu apa itu digital skill, digital ethics, digital culture l,dan digital safety atau 4 pilar literasi digital. Jadi kalian sebagai siswa dan sebagai warga negara bisa tau hal apa yang boleh dan yang dilarang di dunia digital," jelasnya.

Bupati Mojokerto juga mengingatkan kepada para siswa agar memanfaatkan waktu belajar dengan sebaik-baiknya supaya bisa lulus sekolah dengan baik dan bisa melanjutkan masa depan sesuai dengan bakat yang dimiliki. 

"Manfaatkan waktu belajar dengan sebaik-baiknya, saya dengan dibantu Bapak/Ibu guru, dan juga Dinas Pendidikan Jawa Timur akan mengawal proses belajar kalian, agar nanti bisa lulus dengan status yang baik dan bisa dipertanggungjawabkan," pungkasnya. (idc/hjr)

#pendidikan #Kabupaten Mojokerto