Jumat, 20 September 2024

UKM CIPHOC UNITOMO Adakan Pameran Fotografi Bertajuk 'Zona Cerita'

Diunggah pada : 11 Juli 2024 19:01:02 76
Ketua UKM CIPHOC UNITOMO, Putri Yeza saat menunjukkan pameran fotografi bertajuk 'Zona Cerita' di Dewan Kesenian Surabaya (DKS), Gedung Balai Pemuda Surabaya. Foto : Vivin

Jatim Newsroom - Universitas Dr. Soetomo (UNITOMO) melalui Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) fotografi Communication Photography Club (CIPHOC) mengadakan gelaran pameran fotografi yang menampilkan puluhan foto bertajuk 'Zona Cerita'. Pameran ini berlangsung 9 hingga 13 Juli 2024, di Dewan Kesenian Surabaya (DKS), Gedung Balai Pemuda Surabaya. 

Pameran Photo Story ini mengusung tema “Zona Cerita” yakni rangkaian beberapa foto yang disajikan menjadi bentuk cerita yang menginspirasi serta mampu menyentuh emosi pembaca. Selain foto dalam penyajiannya juga terdapat naskah cerita yang akan mengarahkan pembaca pada intisari cerita. 

Melalui pers rilis UKM CIPHOC UNITOMO, Kamis (11/7/2024), Wakil Rektor III UNITOMO Sucipto, menyampaikan UKM CIPHOC selama ini sudah terkenal tidak berhenti menghasilkan karya – karya fotografi, namun pada kesempatan kali ini CIPHOC bisa membawa kreatifitasnya diluar yang mana bisa di nikmati oleh Masyarakat umum diluar Universitas Dr. Soetomo.

“Ini menjadi kesempatan bagus dan dimanfaatkan semaksimal mungkin, dengan adanya mentor dari wartawan jurnalistik bisa belajar dan mengangsu ilmu serta pengalaman, sehingga apa yang sudah dilakukan menjadi sesuatu yang baik untuk melakukan evaluasi untuk perkembangan kreatifitas," kata Sucipto. 

Sementara itu, Ketua UKM CIPHOC UNITOMO Putri Yeza mengatakan, pameran fotografi ini merupakan kegiatan rutinan UKM. Dan pada kali ini pameran tidak hanya mempertunjukkan satu hasil foto saja setiap pamerisnya, melainkan berbagai macam foto yang membentuk satu cerita. 

"Jadi ya harapannya, aku yakin teman-teman juga pertama kali untuk foto cerita ini, jadi mereka bisa menuangkan ide dan gagasannya bukan hanya dari satu foto, tapi foto yang berseri, banyak rangkaiannya, atau berangkaian cerita," tutur Yeza. 

Sedangkan, Ketua Pelaksana Pameran, Muhamad Taufik menyampaikan, pameran kali ini merupakan hasil dari representasi ide dan gagasan pengkarya menjadi visual yang bisa di nikmati oleh para pengunjung.

Salah satu karya pameran milik Andika Setyadi yang berjudul 'Impian. Foto : Vivin

“Pameran kali ini selain menjadi ajang menunjukan eksistensi melalui karya fotografi, disini kami bisa berbagi edukasi dan inspirasi dalam satu zona cerita,” tukas Taufik.

Dari segi proses, Taufik menjelaskan, pameran kali ini berbeda dengan pameran sebelumnya, karena UKM CIPHOC UNITOMO bekerja sama dengan seorang Foto Jurnalis Bahana Patria Gupta, yang menjadi mentor dan mendampingi pameris dari berkarya hingga penataan galeri.

“Terdapat mentor dari foto jurnalis ‘Bahana Patria Gupta’ yang mendampingi kami dalam proses pameran sehingga menjadi satu kesatuan di galeri yang bisa kami sajikan untuk di nikmati Bersama - sama," jelasnya.

Di sisi lain, Bahana Patria Gupta seorang foto Jurnalis Harian Kompas, sekaligus hadir sebagai mentor dalam pameran ini menyampaikan, fotografi itu bersifat legaliter yang membuat karya setidaknya dengan berbagi cerita ini sudah mengajarkan tentang kepedulian terhadap sekitar melalui media fotografi. Menurutnya, sebagai fotografer bukan hanya  bicara tetapi juga berkarya.

“Yang paling mengesankan buat saya sebagai pengajar fotografi, selain sebagai foto jurnalis itu adalah melihat sesuatu yang sebelumnya hanya dalam pikiran, kemudian bisa di realisasikan menjadi karya fotografi yang fisiknya bisa kita lihat adalah sebuah kebahagiaan,” ucap Bahana. 

Diketahui, pameris yang terlibat dalam Pameran Photo Story 'Zona Cerita' di antaranya yakni, Putri Yeza, Andika Setiyadi, M Rifaldy Kotawasi, Muhammad Taufik, Siti Aisah, Nikmatus Solichah dan Nur Jannah dengan menampilan tujuh karya fotografinya masing-masing. Mereka merupakan anggota UKM CIPHOC UNITOMO sekaligus mahasiswa UNITOMO. (vin/hjr) 

#unitomo #fotografi #UKM CIPHOC