Jumat, 20 September 2024

Unitomo - BKKBN Jatim Kerjasama Turunkan Stunting

Diunggah pada : 16 November 2023 15:31:01 49
Rektor Unitomo Prof. Siti Marwiyah menerima plakat dan cinderamata dari Kepala Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Jawa Timur, Maria Ernawati

Jatim Newsroom - Rektor Universitas Dr Soetomo Surabaya (Unitomo), Prof. Siti Marwiyah, nekerjasama dengan BKKBN Jatim untuk ikut menurunkan angka stunting di Jawa Timur.

“Kami siap bekerjasama untuk masalah stunting karena kami memiliki SDM yang kuat,” terang Prof Siti di sela-sela kegiatan seminar di Auditorium Ki Moh Saleh Universitas Dr. Soetomo, Kamis, (16/11/23).

Prof. Siti Marwiyah mengajak mahasiswanya dalam upaya penurunan angka stunting, sebagai upaya untuk mencegah terjadinya stunting hulu. "Terima kasih pada BKKBN Jatim yang mengandeng ratusan mahasiswa Universitas dr. Soetomo (Unitomo) Surabaya, untuk peduli dengan saling sosialisasi dan edukasi tentang pencegahan stunting sejak remaja," katanya.

Prof Siti menambahkan, di beberapa fakultas bisa mengedukasi tentang gizi dan kebutuhan makanan sehat calon ibu hamil. Universitas Dr Soetomo juga telah melaksanakan KKN Tematik, dimana dosen pembimbing sudah membekali mahasiswa tentang gizi dan stunting sehingga bisa diteruskan ke masyarakat saat mereka melakukan KKN Tematik.

Prof. Siti Marwiyah tampak menyambut baik sinergitas ini. Seusai pembukaan seminar, Rektor menerima plakat dan cinderamata dari Kepala Perwakilan BKKBN Jatim.

Sekretaris PWI Jatim yang juga sekaligu Dosen Komunikasi Unitomo, Dr. Eko Pamuji, menjelaskan kegiatan BKKBN yang bekerja sama dengan perguruan tinggi dan media massa peduli terhadap program percepatan penurunan stunting.

“Sebagai  insan pers, kita harus sering memberitakan perihal stunting ini. Agar masyarakat Indonesia bebas stunting,” ungkap pria yang juga berprofesi dosen di Universitas Negeri Surabaya.

Eko menambahkan ketika isu tentang stunting ini dipublikasi dan dibaca masyarakat, diharapkan masyarakat semakin paham. Sebab, pada kenyataannya masalah stunting ini bukan lagi sekedar masalah kesehatan tetapi sudah merambat ke masalah sosial. (her/s)

#unitomo