Jumat, 20 September 2024

Turunkan Emisi Gas Rumah Kaca, KLHK RI Sosialisasikan Indonesia’s FOLU Net Sink 2030 di Jatim

Diunggah pada : 15 Mei 2024 19:02:18 148
Kegiatan sosialisasi Sub Nasional Indonesia’s FOLU Net Sinkronisasi 2030 di Provinsi Jawa Timur, yang berlangsung di Surabaya, pada Selasa (15/5/2024). Foto : Rafly / JNR

Jatim Newsroom – Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia (KLHK RI) menggelar kegiatan Sosialisasi Sub Nasional Indonesia’s FOLU Net Sinkronisasi 2030 di Provinsi Jawa Timur, pada Rabu (15/5/2024). Kegiatan yang berlangsung di Surabaya tersebut, bertujuan untuk menyosialisasikan langkah kerja Indonesia’s FOLU Net Sink 2030 dalam upaya penurunan emisi Gas Rumah Kaca (GRK). 

FOLU merupakan singkatan dari Forestry and Other Land Use atau pemanfaatan hutan dan penggunaan lahan. Sedangkan FOLU Net Sink 2030, adalah sebuah kondisi yang ingin dicapai KLHK RI melalui penurunan emisi GRK dari sektor kehutanan dan penggunaan lahan dengan kondisi dimana tingkat serapan sama atau lebih tinggi dari tingkat emisi. 

Dalam laporannya, Staf Ahil Menteri LHK RI Bidang Energi selaku Pelaksana Sosialisasi Sub Nasional Indonesia’s FOLU Net Sink 2030 Region Jawa Provinsi Jawa Timur, Haruni Krisnawati menuturkan, kegiatan ini dimaksudkan untuk menyampaikan kebijakan, strategi, dan rencana untuk implementasi rencana aksi mitigasi yang mengacu pada target penurunan emisi GRK sampai tahun 2030. 

“Selain sosialisasi, kegiatan ini juga bertujuan untuk memperoleh masukan dari para pemangku kebijakan, akademisi, praktisi, dan ahli di bidang lingkungan hidup dan kehutanan,” tutur Haruni. 

Lebih lanjut, Haruni menjelaskan, sosialisasi ini akan dilanjutkan dengan penyusunan Rencana Kerja Sub Nasional Indonesia’s FOLU Net Sink 2030 Provinsi Jawa Timur, untuk mendetailkan target-target rencana operasional supaya diimplementasikan. 

“Pada Tahun 2022 hingga 2023, telah dilaksanakan sosialisasi regional Indonesia FOLU Net Sink 2030 pada enam regional. Yaitu Regional Sumatra, Regional Jawa Bagian Barat, Regional Jawa Bagian Timur, Bali, dan Nusa Tenggara, Regional Sulawesi, Kalimantan, dan Maluku-Papua,” jelasnya. 

Kegiatan sosialisasi ini, Haruni menerangkan, dibuka secara resmi oleh Pj. Gubernur Jawa Timur Adhy Karyono. Serta dihadiri oleh peserta sebanyak kurang lebih 250 orang secara faktual. "Dan diikuti kurang lebih 200 orang peserta melalui daring yang terdiri dari unsur pemerintah, praktisi, dan akademisi,” terang Haruni. 

Haruni menyebutkan, kegiatan sosialisasi dibagi menjadi tiga sesi. Pertama, pembukaan laporan pelaksanaan kegiatan, sambutan arahan Direktur Jenderal (Dirjen) Planologi Kehutanan KLHK RI, Hanif Faisol Nurofiq. Kemudian sambutan pembukaan acara oleh Pj. Gubernur Jatim diikuti dengan penyerahan bibit dan buku Rencana Operasional Indonesia’s FOLU Net Sink 2030. 

“Sesi kedua, adalah paparan Rancana Kerja Bidang FOLU Net Sink 2030 yang akan dipandu oleh moderator Kepala Balai Pemantapan Kawasan Hutan dan Tata Lingkungan. Dan penyampaian materi dari beberapa nasrumber. Sedangkan sesi yang ketiga adalah Wrap-up Kegiatan Sosialisasi yang akan disampaikan oleh Bapak Jumadi, selaku Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Timur.,” sebutnya. 

Pada sosialisasi ini, Haruni memaparkan, akan membahas beragam aspek yang mencakup strategi pemerintah daerah dalam upaya penurunan emisi GRK. “Penguatan kebijakan, target program dan kegiatan, program mengunggulan, rencana penganggaran dan rencana monitoring dan evaluasi,” papar Haruni. 

Adapun tahapan pelaksanaan sosialisasi dan penyusunan Rencana Kerja Sub Nasional Indonesia FOLU Net Sink 2030, Haruni mengungkapkan, dari sosialisasi ini, selanjutnya workshop pertama akan diadakan Kamis (16/5/2024). “Lalu dilanjutkan dengan penyusunan outline tata waktu dan brainstorming dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Sub. Dan dilanjutkan lagi dengan workshop kedua untuk pengayaan substansi rencana dan workshop ketiga untuk uji materi dan finalisasi rencana kerja,” ungkap Haruni. (vin/s)

#jatim #FOLU Net Sink 2030 #Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan #FOLU #KLHK RI #Emisi Gas Rumah Kaca