Jumat, 20 September 2024

Pj Adhy Karyono : Humas adalah Nafas Sebuah Organisasi

Diunggah pada : 21 Agustus 2024 22:04:34 61
Pj Adhy Karyono melakukan pemukulan gong saat membuka Government Public Relation (GPR) Academy Boothcamp 2024 di Royal Orchid Garden Hotel and Condominium, Kota Batu, hari ini Rabu (21/8). Foto : Aldik - JNR

Jatim Newsroom - "Humas adalah nafas dari sebuah organisasi". Penegasan tersebut disampaikan oleh Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Timur,  Adhy Karyono saat membuka Government Public Relation (GPR) Academy Boothcamp 2024 di Royal Orchid Garden Hotel and Condominium, Kota Batu, hari ini Rabu (21/8/2024).

Dalam sambutannya Adhy mengatakan humas itu dapat membuat perubahan yang sangat penting. “Humas itu menjadi pionir kita, corong kita dan pemerintah sangat tergantung dari kepiawaian dari Pranata Humas untuk memanage semua informasi data dan pada akhirnya bisa berkomunikasi dengan baik dan membuat branding pemerintah menjadi lebih baik lagi, “ujar Adhy.

Pj Adhy menyampaikan kegiatan GPR Academy Boothcamp 2024 sangat penting, bahwa bagaimana peran humas ini sangat penting dan menentukan bagi eksistensi sebuah entitas dalam melaksanakan kebijakan program maupun kegiatannya dan mengkomunikasikan program serta kebijakan tersebut kepada masyarakat serta stakeholder. Dan ketika terjadi turbulens atau ada isu yang bertabrakan maka di situlah peran humas diperlukan.

Adhy juga mengatakan dengan perkembangan teknologi saat ini seperti Artificial Intelligence (AI)  dan cyber, maka Pranata Humas juga menyesuaikan kapasitas dan mengenal teknologi serta produk-produknya untuk mempermudah pekerjaannya, seperti bagaimana membuat konten, membuat analisa, membuat desain grafis yang kekinian, dan profesional seperti di swasta, startup atau perusahaan besar, baik nasional maupun internasional.

Pj Adhy Karyono (tengah) bersama Pj Wali Kota Batu, Direktur RSUD Karsa Husada, Kepala BPSDM dan Kepala Bappeda Provinsi Jawa Timur. Foto : Aldik - JNR

"Kita harus menyamakan pemahaman agar kualitas kehumasan kita dalam mengkomunikasikan program-program pemerintah bisa berjalan lebih efektif. Salah satu tugas Humas adalah memonitor bagaimana perkembangan kehumasan itu sendiri, seperti berita – berita tones positif negatif, topik apa yang paling berpengaruh kepada masyarakt. Dan ujungnya adalah humas itu berdampak atau tidak terhadap layanan publik terhadap kepuasan masyarakat, terhadap keberhasilan program  adalah hal yang paling penting,”ujarnya.

Sementara Kepala BPSDM Provinsi Jawa Timur, Ramliyanto, mengatakan kegiatan GPR Academy Boothcamp 2024 ini merupakan respon konkrit Provinsi Jatim dalam rangka membangun kesadaran bersama tentang urgensi menjaga dan meningkatkan reputasi positif pemerintah di mata masyarakat bahkan di mata dunia melalui kerja-kerja kehumasan yang profesional

GPR Academy Boothcamp 2024 dilaksanakan mulai tanggal 21 – 23 Agustus 2024 yang setara dengan 20 jam pelajaran, diikuti oleh Humas Perangkat Daerah Provinsi Jawa Timur, Humas Pemkab/Pemkot dan delegasi IPRAHUMAS (yan/hjr)

 

#BPSDM Jatim

Berita Terkait

Webinar ASN Belajar Seri 36 Tahun 2024
Kadiskominfo Sherlita Optimis Jadikan Ja...
19 September 2024
thumb
Rangkaian Roadshow Bus Antikorupsi
Kepala BPSDM Jatim Buka Pelatihan Antiko...
12 Juni 2024
thumb