Jumat, 20 September 2024

Kota Madiun

Marching Band Gita Taruna Angkasa Meriahkan Upacara Hari Jadi ke-106 Kota Madiun

Diunggah pada : 20 Juni 2024 18:43:42 169
Marching Band Gita Taruna Angkasa dari SMAN 3 Taruna Angkasa saat menampilkan atraksinya pada Upacara Hari Jadi Kota Madiun ke-106 di Alun-Alun Kota Madiun, Kamis (20/6/2024). Foto : Wahyu / JNR

Jatim Newsroom - Marching Band Gita Taruna Angkasa dari SMAN 3 Taruna Angkasa, turut memeriahkan Upacara Hari Jadi ke-106 Kota Madiun Tahun 2024, yang berlangsung pada Kamis (20/6/2024), di Alun-Alun Kota Madiun, dengan menampilkan berbagai keserasian alunan musik drum band dan berbagai atraksi. 

Ditemui usai upacara, Kepala Sekolah SMAN 3 Taruna Angkasa, Agus Priono menyampaikan, sekolah mendapatkan informasi Marching Band Gita Taruna Angkasa untuk tampil di upacara Hari Jadi ke-106 Kota Madiun ini sejak seminggu yang lalu. 

"Pada panitia kita diminta untuk tampil dalam merayakan ulang tahun hari jadi Kota Madiun. Alhamdulillah, tim kita ini kan sebenarnya pernag juara satu di kompetisi marching, sehingga ini diminta tampil lagi," tutur Agus. 

Dengan tampilan Marching Band Gita Taruna Angkasa ini, Agus berharap, anak-anak tetap latihan terus dengan konsisten. "Karena untuk meningkatkan kemampuan marching band dan mempertahankan prestasinya, untuk mempersiapkan pula apabila nanti ada event berikutnya begitu," harap Agus. 

Kepada Kota Madiun yang berulang tahun ke-106, Agus menuturkan, semoga Kota Madiun semakin luar biasa, dan dapar t menjadi persona dunia. "Harapan kami tidak hanya destinasi yang sudah ada ini tambah lagi. Supaya semakin terkenal di seluruh Indonesia dan dunia, tempat penunjukan wisata, kebanyakan disini," ucap Agus.

Sementara itu, Pelatih Marching Band Gita Taruna Angkasa, Arko mengungkapkan, dalam upacara hari jadi Kota Madiun ke-106 ini tim Marching Band Guta Taruna Angkasa terdiri dari gabungan kelas 10 sama kelas 11.

Marching Band Gita Taruna Angkasa dari SMAN 3 Taruna Angkasa saat menampilkan atraksinya di belakang para pejabat dan perangkat daerah Pemkot Madiun pada Upacara Hari Jadi Kota Madiun ke-106 di Alun-Alun Kota Madiun, Kamis (20/6/2024). Foto : Wahyu / JNR

"Karena sebagian taruna dan taruni itu ke Kampung Inggris, Kediri. Jadi latihannya mendadak, selama empat hari saja. Yang kelas 10 kan memang satu tahun mereka nggak latihan, karena peraturan di tarunah itu kelas 10 itu setelah kita ada inaugurasi selama tiga bulan itu selama setahun dia vakum untuk tidak latihan. Yang untuk in-outnya itu hanya kelas 11," ungkap Arko.

Lebih lanjut, Arko mengatakan, lagu yang ditampilkan Marching Band Gita Taruna Angkasa bertema 'Nusantara'. "Jadi pertama menampilkan lagu Sajojo, lagu asli dari Papua. Yang kedua, lagu asli dari Madiun juga, berjudul 'nasi pecel', dan yang ketiga Manok Dadali lagi asli dari daerah Bandung," sebut Arko.

Terkait jumlah tim personel Marching Band Gita Taruna Angkasa, Arko membeberkan, sebenarnya secara lengkap atau full berjumlah total 180. 

"Ini kita kan karena ada kegiatan lain, dan penggabungan dari kelas 10 sama kelas 11, sehingga jumlahnya yang tampil kali ini hanya 137. Untuk pembagian komposisi timnya, kalau marching band berdasarkan alat musik ada senar, tenor, bass drum, puintom, cymbal, itu yang alat untuk musik pukul. Kalau alat musik tiup ada melodi, trompet, kubah, dan bariton. Untuk melodinya dari belera. Kita sesuai komposisi alat, jumlah timnya, contohnya trompet itu ada 21, belera ada 34. Kita bagi sesuai alatnya," papar Arko.

Arko menuturkan, Marching Band Gita Taruna Angkasa ini telah meraih beberapa kali prestasi, di antaranya juara pertama Kapolistakap yang diikuti SMA Taruna Se-Jatim.

"Jadi di Jawa Timur kan SMA Taruna ada lima, mereka bertemu di satu kompetisi. Dan Alhamdulillah kita juara satu. Dalam agenda Sekolah Taruna Kreatif Camp di Malang itu kita juga Alhamdulillah berhasil juara umum berkat dukungan Kepala Sekolah yang luar biasa," pungkasnya. (vin/hjr)

#kota Madiun #Marching Band Gita Taruna Angkasa #SMAN 3 Taruna Angkasa