Jumat, 20 September 2024

Kota Madiun

Hari Jadi ke-106, Pemkot Madiun Gelar Upacara Bertajuk 'Pesona Dunia'

Diunggah pada : 20 Juni 2024 17:09:30 226
Pj. Wli Kota Madiun, Eddy Suppriyanto saat menjadi inspektur upacara hari jadi Kota Madiun ke-106, di Alun-Alun Kota Madiun, Kamis (20/6/2024). Foto : Wahyu / JNR

Jatim Newsroom - Kota Madiun mencapai usia ke-106 pada tahun 2024 ini. Untuk memperingatinya, dengan tema 'Pesona Dunia' kali ini Pemerintah Kota (Pemkot) Madiun menggelar upacara di Alun-Alun, Kamis (20/6/2024). 

Upacara diikuti pasukan dan undangan peserta berjumlah 1.183 orang. Dengan rincian, 26 orang undangan VVIP, 375 orang undangan VIP, 654 orang peserta upacara (22 pleton), 30 orang Korsik Satpol PP, 30 orang Paduan Suara, 68 orang unsur pendukung.

Bertindak sebagai inspektur upacara, Pj. Wali Kota Madiun, Eddy Suppriyanto dalam arahannya menyampaikan, hari jadi Kota Madiun merupakan sarana menumbuh kembangkan rasa persatuan dan kesatuan, kebanggaan daerah, mendorong semangat memiliki dan membangun daerah sendiri.

"Hari ini kita memperingati Hari Jadi Kota Madiun yang ke-106 tahun. Kepada seluruh elemen pemerintah dan masyarakat, ayo kita jaga Kota Madiun supaya tetap aman, nyaman, rukun dan guyub. Sehingga kita bersama-sama membangun Kota Madiun menjadi lebih baik," tutur Eddy. 

Dengan momentum hari jadi ini, menurut Eddy, dinamika banyaknya perbaikan serta perubahan ke arah yang positif bagi Kota Madiun, telah sesuai dengan tema hari jadi ke-106 tahun 2024, yaitu 'Kota Madiun sebagai Pesona Dunia'. "Terwujud melalui pembangunan Kota Madiun yang menekankan keindahan dan gaya tarik dari berbagai belahan dunia, hadir dalam satu yaitu Kota Madiun, enam negara tanpa visa," tukas Eddy.

"Pembangunan infrastruktur dan sarana-pra sarana strategis serta monumental yang pada saat ini dapat dinikmati oleh seluruh masyarakat, pada akhirnya mengantarkan Kota Madiun mencapai titik yang lebih tinggi dari tahun-tahun sebelumnya," sambung Eddy. 

Pj. Wli Kota Madiun, Eddy Suppriyanto saat memotong tumpeng dalam rangka upacara hari jadi Kota Madiun ke-106, di Alun-Alun Kota Madiun, Kamis (20/6/2024). Foto : Wahyu / JNR

Eddy mengatakan, berbagai penghargaan yang diperoleh Kota Madiun pada tahun ini, merupakan bukti nyata bahwa Kota Madiun mampu menunjukkan potensinya dan menjadi center city dalam berkembangan perekonomian serta kemajuan infrastruktur di Jawa Timur bagian Barat. 

"Saya menyadari seluruh keberhasilan dan pencapaian tersebut berkat rahmat Tuhan yang Maha Esa, Allah SWT. Saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya, kepada semua pihak mulai dari jajaran birokrasi dan mitra kami dalam pemerintahan, pimpinan dan anggota DPRD, forum koordinasi pimpinan daerah, intansi vertikal, para pengusaha, pelaku ekonomi, insan pendidikan, tenaga kesehatan dan seluruh warga masyarakat yang telah merapatkan barisan dan memberikan kontribusi besar bagi keberhasilan pemerintahan dan pembangunan di Kota Madiun," ucap Eddy. 

Dengan momen hari jadi Kota Madiun ini, Eddy berharap, semoga Pemerintah Kota Madiun selalu melaksanakan tugas dan tanggung jawab dengan fokus dan tulus dalam kondisi apapun. "Bekerja untuk masyarakat dalam mewujudkan pemerintahan yang bersih, berwibawa menuju masyarakat sejahtera, serta guna mewujudkan cita-cita bersama, menjadikan Kota Madiun sebagai kota nomor satu di Indonesia. Semoga Allah SWT senantiasa meridhoi pengabdian dan dharma bakti kita sekalian. Dirkahayu ke-106 Kota Madiun," pungkasnya.

Diketahui, dalam upacara ini Pj. Wali Kota Madiun juga memberikan sembilan penghargaan kepada inovator di Kota Madiun yang telah mengikuti Kompetisi Inovasi Kota Madiun (KIAT) Tahun 2024, dan kepada empat perangkat daerah Pemkot Madiun yang telah berkontribusi dengan baik dalam pembangunan Kota Madiun. 

Selain itu, upacara ini juga dimeriahkan oleh beberapa penampilan, yakni paduan suara dari Dinas Pendidikan Kota Madiun, musik Band 'Joglo Project' di bawah naungan Padepokan Musik Madiu, penampilan Marching Band Gita Ghana Madhuswara dari Politeknik Perkeretaapian Indonesia (PPI), dan penampilan Marching Band Gita Taruna Angkasa dari SMAN 3 Taruna Angkasa. (vin/hjr). 

#kota Madiun #Pemkot Madiun