Jumat, 20 September 2024

Lamongan Terus Implemntasikan Pembangunan Inklusif

Diunggah pada : 6 Januari 2023 15:12:33 41
Foto: dok. Pemkab Lamongan

Jatim Newsroom - Menapaki tahun 2023, Pemerintah Kabupaten Lamongan terus mengimplementasikan pembangunan inklusif di Kabupaten Lamongan. Salah satunya dengan menjalin kerjasasama penandatanganan MOU antara Pemerintah Kabupaten Lamongan dengan 3 Instansi Pendidikan Perguruan Tinggi yakni Universitas Islam Darul Ulum Lamongan, Universitas Muhammadiyah Gresik, Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS), di Command Center Pemkab Lamongan, Jum'at (6/1).

Kerjasama bilateral tersebut sejalan dengan konsep pembangunan inklusif melalui prinsip pentahelix yang terus dijalin oleh Pemkab Lamongan untuk mencapai kejayaan Lamongan yang berkeadilan. 

"Ini terus kita harapkan sebagai bagian penting untuk kolaborasi kami. Terlebih pada tahun 2023 tema pembangunan Pemkab Lamongan adalah Penguatan daya saingin SDM; Dukungan pengembangan ekonomi masyarakat; Pemberdayaan inklusif yang artinya kita terbuka dengan siapapun untuk bekerjasama dengan pemerintah daerah untuk mencapai pembangunan," tutur Bupati Lamongan Yuhronur Efendi 

Melaui kerjasama tersebut, Pak Yes berharap akan memberikan dampak positif bagi masyarakat luas khususnya di Kabupaten Lamongan. 

"Saya berharap kerjasama ini akan semakin kuat, bersinergi dan melahirkan energi besar untuk terus mendorong penguatan SDM, penguatan sosial ekonomi dan sektor-sektor yang ada di Lamongan," harap Pak Yes

Pada kesempatan yang sama, Rektor Universitas Islam Darul Ulum Lamongan, Muhammad Hafidh Nashrullah, mengatakan, melalui MOU tentang pendidikan, penelitian, pengabdian masyarakat, dan pemberdayaan potensi di Kabupaten Lamongan. 

Hafidh menyatakan kesiapannya untuk berkolaborasi dan berkontribusi dari akademisi untuk mencapai kejayaan Lamongan.

Senada dengan Rektor Unisda, Rektor Universitas Muhammadiyah Gresik Nadhirotul Laily mengatakan, setelah adanya MOU, UMG akan segera menindak lanjuti melalui pengimplementasian program-program agar tidak hanya sekedar menjadi kerjasama dokumen.

Sementara itu, Wakil Direktur Bidang Kerjasama dan Teknologi Politeknik Elektronika Negeri Surabaya Amang Sudarsono menyatakan, PENS siap menjalin kerjasama Pemkab Lamongan melalui 6 bidang unggulan PENS yakni :Teknologi informasi, Augmented Reality (AR), Robotik, energi (berfokus teknologi solar panel dan kincir angin), smart transportation, teknologi di bidang kesehatan.

"Dari 6 ini kami punya semangat untuk mengkolaborasikan dengan Pemerintah Kabupaten Lamongan baik dari kampus Surabaya maupun yang ada di Lamongan," ujarnya.(red)

 

#Kabupaten Lamongan #Bupati Lamongan