Jumat, 20 September 2024

Lamongan Susun 6 Prioritas Pembangunan Daerah

Diunggah pada : 14 Juli 2023 9:19:07 212
Sumber Foto: Diskominfo Lamongan

Jatim Newsroom - Pemerintah Kabupaten Lamongan menyusun 6 (enam) prioritas pembangunan daerah. Pertama, peningkatan produktivitas akses pasar kapasitas UMKM pengembangan destinasi wisata dan kesempatan kerja. Kedua, peningkatan konektivitas antar wilayah untuk mengurangi kesenjangan.

Ketiga, penguatan kualitas aksesibilitas dan sarana prasarana pendidikan, kesehatan, serta pengentasan kemiskinan. Keempat, penguatan karakter dan pembangunan kebudayaan terintegrasi. Kelima, optimalisasi penyediaan infrastruktur perekonomian, ruang publik, dan infrastruktur dasar. Keenam, peningkatan keamanan, ketenteraman kualitas lingkungan hidup, serta ketahanan bencana.

Bupati Lamongan, Yuhronur Efendi, menyampaikan hal tersebut pada rapat paripurna yang digelar DPRD Kabupaten Lamongan terkait rancangan Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Prioritas dan Plafon Angaran Sementara (PPAS) tahun anggaran 2024, di Ruang Rapat Paripurna DPRD Lamongan, Kamis (13/8/2023). 

KUA-PPAS sebagai perencanaan pembangunan dan penganggaran yang disusun untuk menjaga konsistensi antara Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) dengan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD), didasarkan pada pertimbangan potensi isu strategis permasalahan, hasil kajian, dan evaluasi capaian kajian di tahun sebelumnya, serta tingkat kepentingan kebijakan pembangunan pada tahun 2024. 

“Untuk menghadapi peluang dan tantangan ke depan, kita harus menjaga ketahanan di berbagai aspek kehidupan masyarakat dan tren pemulihan ekonomi berlanjut dengan kuat,” ujar Pak Yes sapaan akrab Bupati Lamongan melalui rilis humas Pemkab Lamongan (14/7/2023).

Melalui perencanaan tersebut, diproyeksikan postur pendapatan daerah akan mencapai 3,486 triliun. Menurut Bupati Yes, desain kebijakan fiskal tersebut, sebagai upaya Pemkab Lamongan dalam merespons dinamika perekonomian, menjawab tantangan, dan mendukung target pembangunan daerah, dengan tetap memperhatikan kaidah-kaidah keharmonisan, sinkronisasi, dan sinergisitas dengan fundamental pembangunan nasional dan Provinsi Jawa Timur.

Untuk mencapai kejayaan Lamongan yang berkeadilan, Bupati Yes berharap, DPRD Lamongan dapat terus berkolaborasi dengan Pemkab Lamongan dalam pembahasan KUA-PPAS sesuai dengan peraturan dan ketentuan perundang-undangan yang berlaku. (idc/s)

#Kabupaten Lamongan #Anggaran