Jumat, 20 September 2024

Lamongan Masif Gelar Kepramukaan Prasiaga PAUD

Diunggah pada : 16 Juli 2024 16:10:54 51
Peluncuran Orientasi Kepramukaan Prasiaga PAUD se-Wilker 1, di Sport Center Lamongan. Sumber Foto: Diskominfo Lamongan

Jatim Newsroom - Pemerintah Kabupaten Lamongan masif menggelar kepramukaan prasiaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) guna membentuk karakter anak sejak dini dengan metode pembelajaran menyenangkan. 

Mengutip laman Pemerintah Kabupaten Lamongan, Selasa (16/7/2024), Bupati Lamongan, Yuhronur Efendi selaku Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Kamabicab) Gerakan Pramuka Kabupaten Lamongan, mengatakan pramuka prasiaga menawarkan pendidikan yang berorientasi pada permainan, sehingga anak dapat menangkap pendidikan karakter dengan keceriaan.

“Hari ini kita meluncurkan prasiaga Wilker (wilayah kerja) Satu, penting anak-anak sejak dini mengenal pendidikan karakter melalui pramuka. Pramuka menyenangkan, ceria, membuat kebahagiaan anak-anak,” ucap Kak Yes sapaan akrab Kamabicab Lamongan saat meluncurkan Orientasi Kepramukaan Prasiaga PAUD se-Wilker 1, di Sport Center Lamongan. 

Diikuti sebanyak 2.185 anak usia dini mulai dari Kwartir Ranting (Kwarran) Lamongan 1.025 anak, Kwarran Deket 200 anak, Kwarran Tikung 400 anak, Kwarran Sarirejo 160 anak, hingga Kwarran Kembangbahu 400 anak. 

Kak Yes berharap anak usia dini memiliki kepribadian yang cerdas, mandiri, berani, kuat, tangguh, dan handal. Pasalnya menghadapi 100 tahun Indonesia merdeka, anak-anak usia dini saat ini akan menjadi generasi pembangun bangsa. 

“Ini menjadi suatu investasi penanaman karakter pada anak-anak yang pada saatnya nanti anak-anak sudah kenal dengan pendidikan, kepribadian, mempunyai karakter yang kuat dalam menghadapi tantangan di usia mereka,” kata Kak Yes. 

Cara sederhana implementasi pembangunan karakter anak, dimulai dari keberanian mengambil keputusan dan memiliki cita-cita. Hal ini ditunjukan saat Kak Yes mengajak anak-anak maju dengan menyebutkan cita-cita serta alasan menjadi profesi tersebut. 

Diungkapkan, Gana anak yang duduk di bangku TK (taman kanak-kanak) asal dari Graha Indah Lamongan, dia menyebut di masa depan ingin menjadi Polisi karena ingin menangkap pencuri. 

Terhadap beragam profesi yang disebut oleh anak-anak, Kak Yes mengaku bangga dan terkesan. Selain itu, Kak Yes berpesan, orang tua khususnya ibu dapat memberikan makan bergizi salah satunya dengan mengkonsumsi ikan sebagai dukungan tumbuh kembang anak.

“Terima kasih kakak pendamping, orang tua, bunda PAUD, dan semuanya, sehingga acara ini terselenggara dengan baik. Mari dampingi anak-anak kita mudah-mudahan menjadi generasi emas di masa yang akan datang,” pungkasnya. (idc/hjr)

#Kabupaten Lamongan #pramuka