Jumat, 20 September 2024

Kemenkominfo Gelar Bimtek Jarkom di Labuan Bajo

Diunggah pada : 13 Juni 2024 8:59:06 61
Direktur Pengelola Media Dirjen IKP Kemenkominfo RI, Nursodik Gunarjo sat memberikan sambutan Jadi Pintar Bareng Kominfo Newsroom (Jarkom) bertema "Merawat Indonesia dengan Berita Mencerahkan" di Puncak Waringin Labuan Bajo Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur 11-13 Juni 2024.

Jatim Newsroom - Direktorat Jenderal Informasi Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika (Dirjen IKP Kemenkominfo), menggelar bimbingan teknis (Teknis), Jadi Pintar Bareng Kominfo Newsroom (Jarkom) bertema "Merawat Indonesia dengan Berita Mencerahkan" di Puncak Waringin Labuan Bajo Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur 11-13 Juni 2024.

Direktur Pengelola Media Dirjen IKP Kemenkominfo RI, Nursodik Gunarjo dalam kegiatan itu menyampaikan Peran dan fungsi pengelolaan informasi publik baik di pusat maupun darah semakin penting, sehingga menuntut pengelola media center atau wesite pemerintah mengambil peran dan tanggungjawab menyebarkan sebanyak-banyaknya informasi maupun konten positif yang ada di daerahnya.

“Mengelola media center harus bisa membuat informasi yang mencerdaskan, mencerahkan, menginspirasi, dan membangun semangat nasional, serta mampu mendorong partisipasi masyarakat dalam menyukseskan berbagai program pemerintah,” ungkap Gunarjo saat membuka Bimtek, di Puncak Waringin Labuan Bajo Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, Rabu (12/6/20024).

Dikatakannya, pengelola media center adalah ujung tombak dalam menyampaikan program dan kinerja pemerintah dalam bentuk berita, hingga sebagai corong atau sumber informasi, dituntut punya keahlian dan kompetensi dalam pelayanan dan pengelolaan informasi. Karena tuntutan itulah, Dirjen IKP Kemenkominfo RI kerap menggelar Bimtek baik jurnalistik atau fotografi.  “Kagiatan ini untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan di bidang jurnalistik, khususnya menulis berita,” tuturnya.

Sebagai informasi, Jadi Pintar Bareng Kominfo Newsroom (Jarkom) kerap digelar Dirjen IKP Kemenkominfo. Bukan hanya teknik menulis saja yang menjadi perhatian, tetapi Teknik pengambilan foto (fotografi) juga termasuk dalam program Jarkom. Dalam satu tahun biasanya, Jarkom bisa digelar 2-3 kali dengan lokasi kegiatan yang berbeda. (hjr)

#Dirjen IKP Kemenkominfo #Jarkom