Jumat, 20 September 2024

Kemenkominfo RI Gelar Bimtek Jarkom di Bali, Bahas ‘Meracik Berita ala InfoPublik’

Diunggah pada : 11 Juli 2024 12:55:46 87
Tangkapan layar gambar Direktur Pengelolaan Meda Kemenkominfo RI, Nur Sodik Gunarjo (berkacamata) saat menerima cindera mata dari Asisten Administrasi Setda Kabupaten Buleleng, Gede Sugiartha Widiada, saat pembukaan Bimtek Jarkom di Buleleng Bali, Kamis (11/7/2024).

Jatim Newsroom – Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kemenkominfo RI) kembali menggelar kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Jadi Pintar Bareng Kominfo Newsroom (Jarkom) yang kali ini bertajuk ‘Meracik Berita ala InfoPublik’ di Kabupaten Buleleng, Bali, Kamis (11/7/2024). Kegiatan ini untuk meningkatkan kapasitas para pengelola informasi atau humas pemerintah dalam menyebarluaskan informasi berupa program dan kebijakan pemerintah kepada masyarakat. 

Kegiatan digelar secara hybrid baik daring maupun luring ini, dibuka Direktur Pengelolaan Meda Kemenkominfo RI, Nur Sodik Gunarjo mewakili Direktur Jenderal (Dirjen) Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Kemenkominfo. Dalam sambutannya, Nur Sodik menyampaikan, Kemenkominfo memiliki portal media center yang dikembangkan di seluruh Indonesia. Disebutkannya, sampai saat ini media center di Indonesia sudah mencapai 200, dan 150 di antaranya sangat aktif untuk memproduksi dan menyiarkan berita ke masyarakat. 

“Pengelola media center sebagai pejuang informasi karena dedikasi mereka dalam memproduksi menyiarkan informasi kepada masyarakat ini tentu saja harus kita apresiasi, karena setiap hari harus memantau isu yang paling dominan, harus memberikan klarifikasi kalau ada isu negatif, tugas dari media center ini sangat penting. Oleh karena itu, pagi ini kita berupaya untuk mengumpulkan para pengelola media center dan atau stakeholder lain yang secara langsung maupun tidak langsung membantu menyebarluaskan program dan kebijakan pemerintah kepada masyarakat,” tutur Nur Sodik. 

Lebih lanjut, Nur Sodik menerangkan, Kemenkominfo ini memiliki sebuah portal berita bernama InfoPublik.id, yang merupakan simpul utama dari media center daerah di Indonesia. “Jadi semua media center setiap hari menyampaikan berita kepada Kominfo dan mengambil bahan informasi dari InfoPublik sehari ada lebih dari 1.500 berita yang berlalu lalang dari dan ke InfoPublik,” terangnya. 

Dalam kegiatan Bimtek Jarkom ini, Nur Sodik menuturkan, para peserta yang merupakan pranata humas dari Dinas Kominfo provinsi maupun kabupaten/kota di Indonesia akan menerima ilmu dalam meracik atau menulis berita ala InfoPublik. Akan disampaikan evaluasi, dari bahan yang ditulis, dan akan disimpulkan kekurangannya dalam menulis berita. 

“Hal tersebut, tujuannya untuk skilling, artinya membentuk dari yang belum tahu dan bisa menjadi tahu dan bisa. Saya kira anda semua sudah bisa karena memng sudah pekerjaannya setiap hari. Lalu, bagi yang sudah tahu dan bisa melalui bimtek ini akan di Up skilling agar lebih meningkat, dan bagi yang sudah lupa, akan di Re-skilling ini untuk diingatkan kembali bagaimana menyusun berita yang baik,” jelas Nur Sodik. 

Tangkapan layar gambar Asisten Administrasi Setda Kabupaten Buleleng, Gede Sugiartha Widiada saat memukul gong sebagai simbolis pembukaan Bimtek Jarkom di Buleleng Bali, Kamis (11/7/2024).

Nur Sodik pun tak lupa mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buleleng Bali, yang sudah bersedia bekerja sama dengan Kemenkominfo sehingga kegiatan Bimtek Jarkom kali ini dapat berjalan dengan baik. 

“Saya mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Buleleng Bali, dan seluruh pihak maupun peserta yang mengikuti kegiatan ini. Semoga kegiatan ini dapat bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan kita dalam menulis berita dan menyebar luaskan informasi pemerintahan kepada masyarakat luas,” ucapnya. 

Sementara itu, mewakili Pj. Bupati Buleleng, Asisten Administrasi Setda Kabupaten Buleleng, Gede Sugiartha Widiada menyampaikan, Kabupaten Buleleng memiliki aspek maupun potensi yang layak dan harus diketahui oleh masyarakat melalui informasi yang valid dan dipercaya. Maka kecepatan berita menjadi tantangan bagi pengelola informasi dan pranata humas pemerintah. 

Menurut Gede, pengelolaan informasi atau kehumasan memiliki peran penting untuk mem-branding semua aspek kehidupan khususnya hasil-hasil pembangunan di sebuah daerah. Peningkatan kapasitas pengelolaan informasi atau kehumasan sebuah lembaga mesti terus diasah, sehingga menghasilkan produk jurnalistik yang semakin berkualitas tidak hanya mengejar target dan kecepatan informasi namun harus memiiki standar dan kualifikasi baik. 

“Kami, mewakili Pemkab Buleleng, menyatakan dukungan penuh dan apresiasi atas kerja sama antara Kemenkominfo dengan Pemerintah Kabupaten Buleleng melalui Direktorat Pengelolaan Media sehingga nantinya mampu menyelenggarakan Bimtek. Saya juga mengucapan terima kasih atas partisipasi peserta baik secara offline maupun online, semoga egiatan ini dapat mampu memberikan wawasan terkait jurnalistik,” pungkasnya. (vin/hjr)

#Kemenkominfo RI #Jarkom