Kamis, 19 September 2024

Gempabumi Tektonik M4,2 Kembali Dirasakan di Bawean

Diunggah pada : 30 Mei 2024 10:17:01 30
dok.BMKG

Jatim Newsroom - Gempabumi Tektonik kembali dirasakan di wilayah Kepulauan Bawean, Kabupaten Gresik pada pukul 08.44.51 WIB, Kamis (30/5/2024). Hasil analisis BMKG menunjukkan gempabumi ini memiliki parameter dengan magnitudo M4,2. Episenter gempabumi terletak pada koordinat 5.73° LS; 112.48° BT tepatnya di laut pada jarak 138 km arah Timur Laut Tuban, JATIM dengan kedalaman 6 Km.

Kepala Stageof Sleman, Setyoajie Prayoedhie, melalui rilisnya, menyampaikan, memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat adanya aktivitas sesar lokal.

Lebih lanjut dikatakan, guncangan gempabumi ini dirasakan di daerah Bawean II - III MMI (Getaran dirasakan seperti truk yang melintas), namun hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut.

Hingga hari Kamis, 30 Mei 2024 pukul 09.00 WIB hasil monitoring BMKG menunjukkan Gempabumi ini merupakan bagian rangkaian gempabumi Bawean M6,0 yang terjadi pada hari Jumat tanggal 22 Maret 2024 pukul 11.22.45 WIB dan telah tercatat adanya 701 kali gempabumi susulan ( aftershock).

BMKG pun menimbau masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yg membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali kedalam rumah.

Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website (http://www.bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id), telegram channel (https://t.me/InaTEWS_BMKG), atau melalui Mobile Apps (IOS dan Android): wrs-bmkg (user pemda, pwd pemda-bmkg) atau infobmkg.(red)

#BMKG