Kamis, 19 September 2024

Gempabumi Tektonik M3,7 Dirasakan di Wilayah Tuban dan Bawean

Diunggah pada : 5 Juli 2024 20:23:03 51
dok.BMKG Sleman

Jatim Newsroom - Wilayah Tuban dan sekitarnya diguncang gempabumi tektonik pada Jumat, (5/7/2024) pukul 18.29.14 WIB. Hasil analisis BMKG menunjukkan gempabumi ini memiliki parameter dengan magnitudo M3,7. Episenter gempabumi terletak pada koordinat 5.85° LS; 112.37° BT tepatnya di laut pada jarak 122 km arah Timur Laut Tuban, JATIM dengan kedalaman 5 Km.

Kepala Stageof BMKG Sleman, Setyoajie Prayoedhi, pada rup info publik BMKG, menyampaikan, bahwa jenis dan mekanisme gempabumi, yaitu jika memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat adanya aktivitas sesar aktif.

Guncangan gempabumi ini dirasakan di Bawean II - III MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang - Getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu). Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut.

Menurutnya, gempabumi ini merupakan bagian dari rangkaian gempabumi susulan dari gempabumi utama M6,5 yang terjadi pada 22 Maret 2024. Hingga saat ini hasil monitoring BMKG sudah mencatat sebanyak 746 kali gempa susulan.

Dengan kejadian ini, masyarakat pun diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yg membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali kedalam rumah.(red)

#BMKG