Jumat, 20 September 2024

Ditlantas Polda Jatim Siapkan 23 Pos Istirahat Pemudik di Ruas Jalan Tol

Diunggah pada : 20 April 2022 11:32:45 103
Dirlantas Polda Jatim, Kombes Pol Latief Usman saat ditemui di Mapolda Jatim. (pca)

Jatim Newsroom - Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Jawa Timur akan menyiapkan 23 rest area atau tempat istirahat di ruas jalan tol selama pelaksanaan arus mudik lebaran 2022.

Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Jatim, Kombes Pol Latief Usman ditemui di Mapolda Jatim, Rabu (20/4/2022) mengatakan, rest area ini dibuat untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada pemudik saat melakukan perjalanan. Dan 23 rest area ini akan dibuat di lajur - lajur tol.

"Di tol kami betul-betul mempersiapkan diri. Ada 23 rest area yang akan kami kelola, agar masyarakat yang perjalanan jauh dengan melewati jalur Jatim bisa berjalan nyaman setibanya di rest area,"katanya.

Menurutnya, pihaknya juga telah melakukan pematangan dan persiapan penanganan mudik bersama Forkopimda Jatim. Terlebih, diperkirakan akan ada 16 juta pemudik di Jatim. "Ada 16 juta pergerakan, khususnya di Jatim,"ujar Dirlantas saat didampingi Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Pol Dirmanto

Latief menambahkan, kendaraan penumpang atau mobil pribadi akan mendominasi pada perjalanan mudik tahun ini di Jawa Timur. Hal itu diketahui berdasar survei yang diterima Polda Jatim. "Moda transportasi yang akan digunakan banyak adalah mobil, yakni perjalanan jarak jauh yang kemungkinan dari Jakarta, Jabar, Jateng atau Jabodetabek," ungkap Latief.

Sedangkan, kendaraan roda dua mayoritas digunakan dalam arus mudik lokal di Jawa Timur. Karenanya, Ditlantas Polda Jatim akan lebih fokus pada penanganan hal tersebut, khususnya pengamanan jalur-jalur tertentu.

"Akan ada beberapa jalur yang diantisipasi. Pertama pantura, kedua jalur tengah, ketiga Bojonegoro, keempat jalur tol, kelima Ngawi, keenam Magetan, ketujuh Pacitan. Ini seluruhnya menuju ke arah timur. Bertumpu di Malang, Surabaya, sampai Banyuwangi,"paparnya.

Tidak hanya itu, pihaknya juga mengantisipasi sejumlah jalur di Surabaya. Terutama untuk pengamanan arus balik. “Kami juga akan mengawasi tempat wisata – wisata di Jatim yang menjadi tujuan warga Jatim selama libur lebaran nanti. Maka itu kami minta agar tempat wisata untuk memperketat masyarakat yang masuk tempat wisata harus menggunakan peduli lindungi.id,”pungkasnya. (pca/hjr)

 

#jatim #polda #lebaran #mudik