Jumat, 20 September 2024

Disbudpar Jatim Launching Website daksabudaya.com

Diunggah pada : 12 Desember 2022 15:13:57 158
Sub Koordinator Perlindungan dan Pengembangan Kebudayaan, Disbudpar Jatim, Lesli Citra Pertiwi menunjukkan tampilan website daksabudaya.com.

Jatim Newsroom-Guna memudahkan masyarakat mendapatkan informasi seputar budaya dan tradisi di Jawa Timur, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jawa Timur (Disbudpar Jatim) melaunching website daksabudaya.com. 

Di situs ini, tersedia 10 jenis seni dan budaya yang dimiliki Jatim, mulai dari bahasa, tradisi lisan, manuskrip, adat istiadat, ritus (ritual), permainan tradisional, olahraga tradisional, kesenian, pengetahuan tradisional, dan teknologi tradisional. 

Sub Koordinator Perlindungan dan Pengembangan Kebudayaan, Disbudpar Jatim, Lesli Citra Pertiwi Senin (10/12/2022) )menjelaskan, website ini diharapkan, dapat menjadi media promosi berbagai seni budaya yang ada di 38 kabupaten kota di Jatim. 

"Goal-nya diharapkan bisa mempromosikan aspek wisata berbasis budaya, berisi data-data kemajuan kebudayaan, seni tradisi lisan, manuskrip, olahraga tradional, ritus, bahasa, dan even even khusus budaya, sehingga memudahkan masyarakat atau pelaku seni untuk mendapatkan informasi akurat," katanya. 

Di website ini, masyarakat juga dapat mengakses jadwal even budaya atau tradisi yang akan diselenggarakan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata di seluruh kabupaten kota di Jatim."Jadi ada jadwal even yang diselenggarakan provinsi dan kabupaten kota," imbuhnya. 

Bahkan juga ada informasi tentang tempat-tempat yang biasa digunakan untuk penyelenggaraan even budaya, seperti gedung kesenian, alun alun, dan lain sebagainya. "Misal masyarakat ingin mengadakan acara, bisa melihat gedung mana yang bisa dipakai, atau fasilitas mana," ucapnya. 

Untuk sementara ini, lanjut perempuan yang akrab disapa Lesli ini, website ini masih berupa web base bukan aplikasi, sehingga bisa dibuka melalui internet biasa tanpa harus mendownload. "Kalau aplikasi khawatirnya tidak bisa menjangkau, dan kadang ada kendala saat mendownload," terangnya. 

Selain itu, dikatakannya situs ini terus disempurnakan, sehingga bisa diakses oleh kelompok difabel tuna netra, dan bisa diakses dengan dua bahas Indonesia dan Inggris. (hjr)

#Disbudpar Jatim

Berita Terkait

Tampilkan Kekayaan Budaya dan Potensi Desa Wisata
Jatim Gelar Festival Dewi Cemara dan Pek...
3 Agustus 2024
thumb
Sinergi DPRD dan Disbudpar Jatim.
Ratusan Pemancing Lokal Adu Skill Monste...
28 Juli 2024
thumb
Dibuka Menparekraf Sandiaga Uno
East Java Fashion Harmony 2024 Even Terb...
22 Juni 2024
thumb