Jumat, 20 September 2024

Diklat PIM LAN RI Angkatan ke XIII Visitasi Kepemimpinan Nasional ke BPSDM Jatim

Diunggah pada : 26 Juli 2023 21:12:10 302
Peserta Diklat PIM II LAN RI angkatan 13 tahun 2023 saat Visitasi Kepemimpinan Nasional (VKN) ke BPSDM Jatim. (Wahyu)

Jatim Newsroom – Peserta Diklat Kepemimpinan tingkat II Pusdiklat Kepemimpinan Aparatur Nasional Lembaga Administrasi Negara (LAN) RI Angkatan ke 13 atau XIII tahun 2023 melakukan visitasi kepemimpinan Nasional (VKN) ke Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Jatim, Rabu (26/7/2023). Dimana Visitasi kepemimpinan ini dilakasanakan mulai 25 – 28 Juli 2023.

Diklat Kepemimpinan tingkat II Pusdiklat Kepemimpinan Aparatur Nasional Lembaga Administrasi Negara (LAN) RI Angkatan ke XIII tahun 2023 ke BPSDM Jatim ini dihadiri dan dibuka oleh Inspektorat LAN RI II, Hari Nugraha dan juga langsung diterima kepala BPSDM Jatim, Dr. Ramliyanto, SP., MP.

Inspektorat LAN RI, Hari Nugraha ditemui usai kunjungan ke BPSDM Jatim mengatakan Diklat kepimpinan ke XIII tahun 2023 ini diikuti oleh 30 peserta yang dibagi menjadi dua tim yaitu 15 ke BPSDM Jatim, dan 15 peserta lagi visitasi ke Kabupaten Sidoarjo. “Untuk peserta diklat ke XIII tahun 2023 ini Visitasi ke Jatim LAN RI memberikan tema untuk mencari informasi bagaimana cara pemprov Jatim pengentasan kemiskinan. Begitu juga sistem birokrasi pemerintahan bisa berdampak langsung kepada masyarakat,”katanya.

Ia juga menyampaikan, prestasi Jatim ini luar biasa seperti diketahui  Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (SAKIP) memperoleh predikat A dan juga B. Serta beberapa waktu lalu Menpan RB menyatakan Pemerintah Provinsi Jawa Timur ditunjuk menjadi percontohan reformasi birokrasi (RB) tematik pengentasan kemiskinan. Daerah percontohan bisa menjadi rujukan bagi daerah lain dalam pelaksanaan RB yang lebih fokus dan berdampak nyata bagi masyarakat.

“Sudah sepantasnya kita memilih Jatim menjadi visitasi atau VKN kepemimpinan bagi diklat II angkatan 13 tahun 2023 dengan tema pengentasan kemiskinan. Sehingga dari pelatihan ini para peserta diharapkan bisa mendapatkan dan menghasilkan para pemimpin yang terus berinovasi dan berani mengambil keputusan dalam sistem birokrasi di pemerintah masing – masing setingkat pejabat eselon II,”katanya.

Kepala BPSDM Jatim, Dr Ramliyanto mengatakan selamat datang di Jatim, dan terima kasih menunjuk Jatim sebagai visitasi kepemimpinan Nasional oleh LAN RI. “Pelatihan Kepemimpinan Nasional atau yang sering disebut VKN yaitu rencana aksi penggalian data dan informasi dari rencana aksi para pemimpin untuk melaksanakan inovasinya. Dan di Jatim ini memiliki berbagai inovasi yang kemudian bisa direplika dan ditiru di daerah lainnya,” katannya

Ia juga menambahkan, Pemprov Jatim juga telah menyiapkan materi visitasi kepada peserta diklat II angkatan ke 13 tahun 2023 yang berasal dari Bapeda, dan DPMD yang langsung menangani program pengentesan kemiskinan di Jatim. (Pca/hjr)

#BPSDM Jatim #LAN RI

Berita Terkait

Webinar ASN Belajar Seri 36 Tahun 2024
Kadiskominfo Sherlita Optimis Jadikan Ja...
19 September 2024
thumb
Rangkaian Roadshow Bus Antikorupsi
Kepala BPSDM Jatim Buka Pelatihan Antiko...
12 Juni 2024
thumb