Senin, 16 September 2024

Ciptakan Ketahanan Nasional, Pemkab Lamongan Ajak Remaja Gabung PIK-R

Diunggah pada : 2 Agustus 2024 18:09:38 35
Sosialisasi PIK-R di Kabupaten Lamongan. Sumber Foto: Diskominfo Lamongan

Jatim Newsroom – Pemerintah Kabupaten Lamongan mengajak remaja di Kabupaten Lamongan untuk bergabung pada Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK-R). Bupati Lamongan, Yuhronur Efendi, atau yang akrab disapa Pak Yes meyakini PIK-R mampu menciptakan generasi bangsa yang berkualitas. Pasalnya, PIK-R menjadi wadah kegiatan program Generasi Berencana (GENRE) yang dikelola dari, oleh, dan untuk remaja. 

Mengutip rilis Humas Pemerintah Kabupaten Lamongan, Jumat (2/8/2024), menurut Pak Yes ketahanan nasional dimulai dari kuatnya ketahanan keluarga. Penguatan dalam keluarga, salah satunya juga diberikan untuk anak. Dengan tujuan mengajak anak memiliki perencanaan yang baik ke depan.

"Ketahanan nasional dimulai dari ketahanan keluarga, salah satunya anak. Penguatan terus diberikan kepada anak, karena anak adalah generasi bangsa yang akan melanjutkan pembangunan. Salah satu upaya penguatan kepada anak ialah dibentuknya PIK-R," tutur Pak Yes.

Melalui PIK-R juga, anak atau remaja diyakini akan lebih mudah dalam menghadapi lima transisi kehidupan remaja atau youth five life transitions. Di antaranya melanjutkan sekolah (continue learning), mencari pekerjaan/karir (start working), memulai kehidupan berkeluarga (form families), menjadi anggota masyarakat (exercise citizenship), dan mempraktikkan hidup sehat (practice healthy life).

Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Jawa Timur, Sofia Hani, PIK-R memiliki tugas memberikan pelayanan informasi dan konseling. Pelayanan mengenai kesehatan reproduksi dan juga tentang perencanaan kehidupan berkeluarga serta kegiatan-kegiatan penunjang lainnya bagi usia remaja.

"PIK-R wajib diikuti oleh remaja berusia 10 tahun hingga 24 tahun. Dengan bergabung di PIK-R, remaja akan tahu bahaya dari seks pra nikah/bebas, bahaya pernikahan dini, narkoba, hingga terorisme," jelasnya di hadapan lima ratus remaja di Kabupaten Lamongan (mulai jenjang SMA hingga Perguruan Tinggi).

Sofia menambahkan, dengan bekal informasi yang dimiliki remaja setelah bergabung dalam PIK-R, dipastikan menciptakan generasi bangsa yang berkualitas dan terencana. (idc/s)

#bkkbn #Kabupaten Lamongan