Jumat, 20 September 2024

Bupati Lamongan Ajak Kades Wujudkan Desa Mandiri

Diunggah pada : 29 Mei 2024 20:06:52 64
Pelantikan kepala desa di Lamongan. Sumber Foto: Diskominfo Lamongan

Jatim Newsroom - Bupati Lamongan, Yuhronur Efendi mengajak Kepala Desa untuk mewujudkan Desa Mandiri. Tercatat hingga tahun 2023, di Lamongan terdapat 166 desa dengan status mandiri, 328 desa berstatus maju, lima desa percontohan, dan 58 desa berkembang. Selain itu, ada 32 desa wisata yang dimiliki Lamongan, serta 271 Bumdes aktif dikelola desa.

Mengutip laman Pemerintah Kabupaten Lamongan Rabu (29/5/2024), Bupati yang akrab disapa pak yes mengatakan sebagai subjek pembangunan, kepala desa bisa berkolaborasi dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik. Karena dengan pelayanan yang maksimal dipastikan akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa dan mengatasi kesenjangan. Sehingga desa akan menjadi kekuatan atau sentra dalam pembangunan.

"Disahkannya Undang-undang Nomor 3 tahun 2024 tidak hanya tentang perpanjangan masa jabatan. Melainkan juga akselerasi atau percepatan kinerja pemerintah desa yang profesional, efisien, efektif, transparan, dan akuntabel," kata Pak Yes.

Bupati Lamongan berpesan agar seluruh desa menerapkan sistem kepemimpinan tokoh Lamongan masa lampau. Seperti wibawa yang dimiliki Ronggohadi, keuletan dan keberanian Joko Tingkir, serta kearifan dan welas asih yang dimiliki Sunan Drajat dan Sunan Sendang Duwur.

Hal ini disampaikannya dalam penyerahan Surat Keputusan (SK) perpanjangan masa jabatan 453 kepala desa (Kades) di Alun-alun Kabupaten Lamongan. "Pertama saya ucapkan selamat atas perpanjangan masa jabatan. Dalam sisa waktu kepemimpinan saya tekankan agar Pemdes menerapkan sistem kolaborasi. Terutama dalam upaya pembangunan desa hingga menuju status mandiri," tutur Pak Yes. (idc/hjr)

#Kabupaten Lamongan #kepala desa