Jumat, 20 September 2024

Bersama TNI, Pemkab Lamongan Tingkatkan Produktivitas Jagung

Diunggah pada : 28 Mei 2024 20:46:32 66
Panen raya jagung di Desa Mojorejo, Kecamatan Modo, Kabupaten Lamongan. Sumber Foto: Diskominfo Lamongan

Jatim Newsroom – Pemerintah Kabupaten Lamongan terus berupaya meningkatkan produktivitas jagung. Hal ini disampaikan Bupati Lamongan, Yuhronur Efendi saat mendampingi Pangdam V Brawijaya, Rafael Granada Baay melakukan panen raya jagung di Desa Mojorejo Kecamatan Modo. 

Dalam kegiatan yang dilaksanakan Selasa (28/5/2024), Bupati Lamongan menuturkan akan mendukung program yang diusung Kementerian Pertanian RI bersama Pangdam V Brawijaya terkait pipanisasi untuk petani jagung di Lamongan.

Menurut Bupati yang akrab disapa Pak Yes ini, implementasi program pipanisasi di Lamongan akan membawa dampak positif. Terutama dalam menunjang surplusnya komoditi jagung, karena jagung menjadi salah satu komoditi unggulan di Lamongan.

"Sebagai lumbung pangan nasional, Lamongan juga unggul pada produksi jagung. Tentu Pemerintah Kabupaten Lamongan sangat mendukung program pipanisasi yang didampingi langsung oleh Pak Pangdam V Brawijaya, tentu hadirnya program tersebut akan mendukung produksi dan percepatan tanam jagung di Lamongan," tutur Pak Yes melalui rilis humas Pemerintah Kabupaten Lamongan.

Panen raya jagung di Desa Mojorejo, Kecamatan Modo, Kabupaten Lamongan. Sumber Foto: Diskominfo Lamongan

Usai memanen jagung jenis perkasa di lahan 1.213 hektar (lahan perhutani), Ia melaporkan tahun 2023 Lamongan memiliki luas tanam jagung sebesar 59.540 hektar. Dengan luas panen 59.585 hektar tersebut mencapai produksi 582.662 ton, dengan produktivitas rata-rata 8,4 ton/hektar.

"Mendukung pertanian di Lamongan terus dilakukan oleh Pemkab Lamongan. Salah satunya dengan diversifikasi pangan untuk menjaga ketahanan pangan. Pada komoditi jagung sendiri tahun 2024 hingga bulan April telah menanam jagung di kuas 35.001 hektar. Untuk luas panennya sendiri ada 21.255 hektar dengan produksi 175.196 ton atau produktivitas rata-rata 8,73 ton/hektar," kata Pak Yes.

Selain mendukung program pipanisasi, Pemkab Lamongan juga telah mengusulkan sebelas unit pompa dan lima irigasi perpompaan di wilayah Modo. Tujuan utamanya ialah percepatan tanam dan menambah produktivitas petani. (idc/hjr)

#Kabupaten Lamongan #pertanian #jagung