Jumat, 20 September 2024

Bersama PMI Ponorogo, Kelompok Kuliah Pengabdian Masyarakat IAIN Ponorogo Sosialisasikan Pola Hidup Sehat

Diunggah pada : 29 Juli 2024 10:08:57 35
Sosialisasi kepalangmerahan dan pola hidup sehat di SDN Wayang Kecamatan Pulung. Sumber Foto: PMI Jatim

Jatim Newsroom - Guna meningkatkan kapasitas dan menjalankan program kerja, Kelompok Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM) 36 IAIN Ponorogo bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Ponorogo mengadakan sosialisasi kepalangmerahan dan pola hidup sehat di SDN Wayang Kecamatan Pulung. 

 

Mengutip laman PMI Jatim, Senin (29/7/2024), Koordinator Pelaksana Kegiatan Sosialisasi KPM IAIN Ponorogo Kelompok 36 IAIN Ponorogo, Ezha Dewanti, menyampaikan tujuan sosialisasi ini adalah untuk mengajarkan perilaku hidup sehat, tidak hanya di lingkungan sekolah, tetapi juga di rumah dan di lingkungan sekitar. 

 

Sosialisasi ini juga bertujuan untuk membantu mempromosikan SDN Wayang Kecamatan Pulung yang mengalami penurunan jumlah murid. Selain sosialisasi, acara ini juga dimeriahkan dengan lomba-lomba seperti adzan, cerdas cermat, dan peningkatan remaja masjid guna menanamkan pentingnya pola hidup sehat dan kesehatan dalam kehidupan sehari-hari. "Semoga kegiatan ini menjadi pesan branding yang baik dan membawa manfaat bagi semua pihak yang terlibat," harap Eza.

 

Adapun Dokter Rumah Sehat PMI Kabupaten Ponorogo, Afif Faisal Wafi, memberikan penyuluhan kepada para siswa mengenai pentingnya menjaga kebersihan tubuh, lingkungan, serta pola makan yang sehat. 

 

Ia berharap, dengan adanya sosialisasi ini, para siswa akan memiliki pemahaman yang lebih baik mengenai pentingnya menjaga hidup bersih dan sehat. Nilai-nilai yang ditanamkan sejak dini diharapkan dapat menjadi kebiasaan baik bagi para siswa hingga mereka dewasa nanti. 

 

"Kegiatan ini merupakan salah satu upaya dari PMI Kabupaten Ponorogo dalam menjalankan program edukasi masyarakat mengenai pentingnya kesehatan dan kebersihan. Dengan adanya sosialisasi ini, diharapkan masyarakat, khususnya generasi muda, dapat lebih peduli dan menjaga kesehatan serta kebersihan sebagai bagian dari gaya hidup sehari-hari,” tambahnya. 

 

Dalam kesempatan yang sama, diseminator Kepalangmerahan PMI Kabupaten Ponorogo, Ina Yetty Octavia, menambahkan dalam kegiatan ini, selain materi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), peserta juga diberikan materi kepalangmerahan.

 

"Tugas pokok PMI adalah membantu pemerintah Indonesia di bidang sosial kemanusiaan meliputi kesiapsiagaan bantuan dan penanggulangan bencana, pelatihan pertolongan pertama untuk Sukarelawan, pelayanan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat. Melalui sosialisasi yang dilaksanakan, peserta semoga bisa memahami tugas pokok dan fungsi PMI," ungkapnya. 

 

Kepala SDN Wayang Kecamatan Pulung, Yuliani menyampaikan kegiatan sosialisasi tersebut sangat bermanfaat bagi anak-anak dan berharap kegiatan seperti ini dapat diadakan lagi di masa yang akan datang, dengan fasilitas persiapan yang lebih baik, misalnya dengan praktik sikat gigi dan cara membuat sisi yang benar. 

 

Dengan persiapan yang lebih baik, kegiatan tersebut dapat memberikan manfaat yang positif bagi anak-anak. "Terima kasih kepada peserta KPM kelompok 36 IAIN Ponorogo dan PMI Kabupaten Ponorogo. Kegiatan ini penting untuk anak-anak dan diharapkan memberikan manfaat yang lebih besar. Selain itu, diharapkan juga akan ada kegiatan-kegiatan lain yang lebih bermanfaat lagi bagi anak-anak di masa depan," pungkasnya. (idc/hjr)

#pola hidup sehat #PMI Jawa Timur