Jumat, 20 September 2024

1.844 Siswa Dapat Layanan Gratis dari PMI Kabupaten Pasuruan

Diunggah pada : 12 Agustus 2024 16:34:20 60
Pemeriksaan Golongan Darah dan Sosialisasi Donor Darah Gratis untuk siswa di Kabupaten Pasuruan. Sumber Foto: PMI Jatim

Jatim Newsroom – Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Pasuruan melaksanakan kegiatan Pemeriksaan Golongan Darah dan Sosialisasi Donor Darah Gratis untuk siswa di Kabupaten Pasuruan. Kegiatan ini dilaksanakan untuk memperingati Hari Ulang Tahun PMI yang ke-79. 

Mengutip laman PMI Jawa Timur, Senin (12/8/2024), penerima manfaat dalam kegiatan tersebut berjumlah 1.844 siswa. Sekretaris PMI Kabupaten Pasuruan, Sumantri menyampaikan kegiatan ini merupakan bentuk keterpanggilan PMI yang peduli kepada siswa yang ada di Kabupaten Pasuruan. 

“Kegiatan ini sangat bermanfaat karena ketika siswa mengetahui golongan darahnya nantinya ketika dalam keadaan yang darurat maupun ketika orang terdekat membutuhkan darahnya siswa dapat langsung mendonorkan darahnya untuk kemanusiaan,” ujarnya. 

Ia juga menambahkan setelah pemeriksaan, siswa akan diberikan kartu cetak yang baik yang dapat disimpan untuk siswa dan dapat digunakan jika dibutuhkan di kemudian hari.

Kepala Sekolah MAN IC Pasuruan, Syamsul Ma'arif menyampaikan terima kasih atas kegiatan ini. 

“Program inovasi sangat bermanfaat bagi peserta didik kami karena tidak semua peserta didik yang mengetahui golongan darahnya. Selain itu juga sangat bermanfaat dari dirinya mulai dari pembuatan SIM, KTP bisa mengetahui golongan darahnya serta pada saat ada yang membutuhkan darah bisa langsung mendonorkan darah yang sama,” tuturnya. 

Beberapa siswa pun menyampaikan kesan terhadap kegiatan ini. “Dulu saya pernah diambil darah pada saat pendaftaran Afirmasi Pendidikan Menengah (ADEM), tetapi saya tidak mengetahui secara pasti Golongan Darah saya, sehingga ketika ada kegiatan seperti ini di tempat ini, saya sangat senang, karena saya bisa mengetahui Golongan Darah saya” kata seorang siswa, Fitriyani.

Selain itu, siswa lain yaitu Yerlin Kogoya juga menyampaikan kegiatan Pemeriksaan Golongan Darah dan Sosialisasi Donor Darah tersebut merupakan pengalaman pertama baginya.

“Pemeriksaan Golongan Darah dan Sosialisasi Donor Darah merupakan pengalaman pertama bagi saya. Kalau di tempat saya masih belum ada kegiatan seperti ini, saya bisa mengetahui Golongan darah saya dan bisa mengetahui mengenai Donor Darah,” katanya. (idc/…)

#Donor darah #Palang Merah Indonesia #pemeriksaan golongan darah