Jumat, 26 April 2024

Wujudkan SDM Unggul, Pemkab Lamongan Kolaborasi Pentahelix dengan Lembaga Pendidikan

Diunggah pada : 9 November 2022 9:28:45 24
Sumber foto: Dok. Diskominfo Lamongan

Jatim Newsroom - Wujudkan generasi emas tahun 2045, Pemerintah Kabupaten Lamongan terus wujudkan kolaborasi pentahelix, salah satunya dengan Universitas Muhammadiyah Lamongan (UMLA) sebagai salah satu bagian dari lima konsep Pentahelix.

Dalam rilis Diskominfo Lamongan kepada Jatim Newsroom, diterangkan bahwa kolaborasi yang dicanangkan tersebut dimaksudkan untuk membentuk SDM Lamongan yang unggul dan adaptif terhadap perkembangan zaman. Sebab, memasuki era society 5.0 dengan kemajuan teknologi yang begitu pesat, hal ini sebagai langkah kesiapan Lamongan mewujudkan sumber daya manusia bermindset digital.

"Kedepan yang penting kita mempersiapkan SDM sebagai agen of change, SDM yang lincah, SDM yang mampu beradaptasi terhadap lingkungan dan keadaan. Lebih-lebih ini telah menjadi konsep Pak Rektor, dan sekali lagi UMLA ini telah menjadi bagian dari pentahelik yang terus kita kembangkan di Kabupaten Lamongan," tutur Bupati Lamongan, Yuhronur Efendi saat menghadiri pelantikan Rektor Universitas Muhammadiyah Lamongan,  di Auditorium Budi Utomo Lt. 3 UMLA, Selasa (8/11/2022).

Lebih-lebih, saat ini telah terjadi disruption VUCA (Volatility, Uncertainty, Complexity, dan Ambiguity) atau adanya hal-hal baru yang belum pernah ditemui dan terjadi di masa sebelumnya, sehingga Pak Yes sapaan akrab Bupati Lamongan terus berupaya melakukan berbagai kolaborasi untuk menjawab tantangan dan menjadi peluang pada isu-isu penting dunia.

Abdul Aziz Alimul Hidayat selaku rektor baru Universitas Muhammadiyah Lamongan yang baru saja dilantik oleh Majelis Diktilibang Pimpinan Pusat Muhammadiyah mengatakan kesiapan Universitas Muhammadiyah Lamongan untuk berkonsentrasi dalam perkembangan Lamongan.

"Bekerjasama dengan Lamongan, untuk pemberdayaan perkembangan manusia, saya siap membantu teman-teman di pemkab sekaligus penelitian dan pengabdian di lapangan. Sudah banyak penelitian dan pengabdian yang telah di lakukan oleh teman-teman, yang tujuan spesifiknya rencana jangka pendek atau menengah jangka pendek kabupaten seiring dengan universitas. Seiring dengan apa yang dikatakan bapak bupati tentang pentahelix ini akan saya coba untuk ikut dalam perkembangan Lamongan," ucapnya.

Lebih lanjut, Aziz mengatakan, terdapat 5 nilai yang akan diintegrasikan di mindset tenaga pendidik UMLA yaitu islami, prefesional, inovatif, adaptif, dan kolaboratif. (ghf/n)

#lamongan #pentahelix #UMLA