Kamis, 2 Mei 2024

Wujudkan Kabupaten Sehat, Lamongan Fokus Pembangunan Fisik hingga SDM

Diunggah pada : 29 November 2023 10:16:05 55
Kabupaten Lamongan berhasil mendapat penghargaan Kabupaten Sehat dengan predikat Swasti Saba Wistara. Sumber Foto: Diskominfo Lamongan

Jatim Newsroom – Dalam upaya mewujudkan Kabupaten/Kota Sehat, Pemerintah Kabupaten Lamongan tidak hanya berfokus pada pembangunan fisik, namun juga pembangunan nonfisik. 

Selain menyediakan dan melengkapi sarana prasarana yang ramah lingkungan, peningkatan sumber daya manusia (SDM) juga menjadi komitmen Pemerintah Kabupaten Lamongan untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat yang menjadi modal dasar Kabupaten/Kota Sehat (KKS). 

Mengutip laman Pemerintah Kabupaten Lamongan (29/11/2023), Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kabupaten Lamongan, Indra Tsani menerangkan Lamongan memiliki 9 tatanan yang mengantarkan Kota Soto ini kembali menyabet penghargaan Kabupaten Sehat dengan predikat Swasti Saba Wistara (tingkat tertinggi). 

Pertama adalah tatanan kehidupan masyarakat sehat mandiri linier dengan Lamongan Sehat, 100% pelayanan publik berkualitas, dan prestasi pemuda dan olahraga. Kedua, tatanan pemukiman dan fasilitas umum linier dengan Lamongan Sehat dan Jamula. Ketiga, tatanan pasar rakyat linier dengan UMKM Naik Kelas dan Young Enterpreneur Success. 

Keempat, pariwisata sehat liner dengan Ramasinta, Desa Berjaya, dan Lamongan Sehat. Kelima, tatanan transportasi dan tertib lalu lintas jalan linier dengan 100% pelayanan publik berkualitas. Keenam, tatanan perlindungan sosial liner dengan 100% pelayanan publik berkualitas. 

Ketujuh, tatanan perkantoran dan perindustrian linier dengan UMKM Naik Kelas, Young Enterpreneur Success, dan 100% pelayanan publik berkualitas. Kedelapan, tatanan perlindungan sosial linier dengan Yakin Semua Sejahtera (YSS), Young Enterpreneur Success, dan Perintis. Kesembilan, tatanan pencegahan dan penanganan bencana, linier dengan Jamula dan Lumbung Pangan Lamongan.

"Tatanan kehidupan masyarakat sehat mandiri linier dengan program prioritas kita Lamongan sehat sejahtera dengan kunjungan rumah atau disingkat "Laserku". Program ini telah membantu pelayanan kesehatan bagi 570 KK atau 2280 orang," jelas Indra. 

Adapun jurus jitu yang dipergunakan untuk mempertahankan predikat Swasti Saba Wistara 2023 ialah menjalin kolaborasi bersama seluruh pihak, mulai dari tingkat desa hingga tingkat kabupaten. Hal tersebut bertujuan untuk memperkuat 4 pilar KKS melihat kegiatan dalam tatanan, forum masyarakat, tim pembina kabupaten, dan kebijakan pemkab. (idc/s)

#lamongan #kabupaten sehat #Swasti Saba Wistara