Minggu, 28 April 2024

Wali Kota Probolinggo Dukung Sekolah Tangguh Bencana

Diunggah pada : 7 November 2023 16:08:53 5
Wali kota Probolinggo, Habib Hadi Zainal Abidin, saat membuka kegiatan pembentukan Satuan Pendidikan Aman Bencana (SPAB) di SMPN 5 Kota Probolinggo, Selasa (7/11/2023).

Jatim Newsroom - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Probolinggo menyelenggarakan kegiatan pembentukan Satuan Pendidikan Aman Bencana (SPAB) di SMPN 5 Kota Probolinggo, Selasa (7/11/2023). Kegiatan ini akan berlangsung selama 2 hari, mulai tanggal 7-8 November 2023 dengan mengusung tema Kenali ancaman, Siapkan strateginya, Kurangi resikonya, Siap untuk selamat.

Sebagimana dalam rilis Pemkot Probolinggo, Wali Kota Probolinggo, Habib Hadi Zainal Abidin, hadir membuka kegiatan tersebut. Di hadapan ratusan peserta yang terdiri dari unsur guru, satpam, komite sekolah, dan siswa, Habib Hadi mengapresiasi kegiatan ini sebagai bekal kesiapsiagaan dalam menghadapi resiko bencana.

Menurutnya, kesiapsiagaan menjadi kewajiban manusia agar siap di dalam menghadapi sebuah tantangan apapun, baik dari aspek kebencanaan maupun sosial. Melalui kegiatan ini akan membentuk karakter atau jati diri yang memiliki jiwa responsif dan peka terhadap situasi dan kondisi di sekitarnya.

“Kegiatan ini diselenggarakan di sekolah-sekolah karena siswa menjadi harapan dan bisa membantu orang-orang yang lebih tua atau yang membutuhkan bantuan. Makanya harus bersyukur diberikan nikmat kesehatan dan kekuatan untuk bisa berbagi dan bermanfaat bagi orang lain,” terangnya.
Habib Hadi berpesan agar para peserta benar-benar memanfaatkan momen ini untuk diterapkan di dalam sendi-sendi kehidupan, supaya siap siaga di semua sektor dan apapun yang dihadapi dalam kehidupan ini.

“Karena dalam kesiapsiagaan ini kita harus terus menjadi orang yang mempunyai kepekaan, toleransi, komitmen dan mengutamakan untuk kebaikan orang lain, bukan mementingkan diri sendiri,” pesannya.

Disamping itu, Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD, Sugito Prasetyo, mengungkapkan kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan sumber daya satuan pendidikan dalam penanggulangan dan pengurangan resiko bencana. Kemudian, juga dapat membangun komitmen bagi pelaku satuan pendidikan dalam meningkatkan kualitas sarana dan prasarana agar aman terhadap bencana.

“Selain itu juga memberikan perlindungan dan keselamatan kepada peserta didik, pendidik dan tenaga kependidikan dari dampak bencana di lingkungan satuan pendidikan. Serta dapat membangun kemandirian satuan pendidikan dalam menjalankan program SPAB,” ujarnya. (ghf/s)

#BPBD #kota Probolinggo