Selasa, 7 Mei 2024

Wali Kota Mojokerto Minta Guru Penggerak Lakukan Diferensiasi Pembelajaran

Diunggah pada : 4 Desember 2023 20:32:10 36
Pameran panen hasil belajar pendidikan guru penggerak angkatan 8 Kota Mojokerto di Aula Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Mojokerto. Sumber Foto: Diskominfo Kota Mojokerto

Jatim Newsroom - Wali Kota Mojokerto, Ika Puspitasari, menyampaikan, para guru penggerak harus memiliki semangat dalam melakukan diferensiasi pembelajaran.

Mengutip laman Pemerintah Kota Mojokerto (4/12/2023), Ia pun menghadiri pameran panen hasil belajar pendidikan guru penggerak angkatan 8 Kota Mojokerto di Aula Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Mojokerto.

"Guru penggerak ini harus memiliki semangat mengajak para siswa untuk melakukan diferensiasi di dalam pembelajaran sehingga akan mampu menggali kreativitas atau bakat-bakat yang mungkin belum tergali secara baik, potensi yang dimiliki oleh setiap anak didik," kata Ning Ita sapaan akrabnya.

Lebih lanjut, Ia berharap melalui guru penggerak akan mampu menggali banyak sekali talenta yang variatif dari setiap anak didik calon generasi penerus bangsa.

Sebagaimana dilaporkan oleh Analis Tata Laksana Balai Besar Guru Penggerak (BBGB) Jawa Timur, Fitria Firayama Ternawati, sebelum lokakarya para calon guru penggerak telah mengikuti pelatihan selama 6 bulan secara daring maupun luring.

"Para calon guru juga telah menyiapkan dan menyelesaikan 3 modul pembelajaran, mengimplementasikan mulai dari pembelajaran filosofi KI Hajar Dewantara, pembelajaran yang berpusat kepada murid serta pembelajaran terdiferensiasi," jelasnya.

Fitri menambahkan, calon guru penggerak merupakan guru-guru yang memiliki potensi kompetensi yang luar biasa dan telah dinyatakan lulus setelah melalui tahap seleksi yang cukup ketat. Nantinya kreativitas dan inovasi di bidang pendidikan akan mendapat bantuan dan dukungan dari pemerintah daerah.

"Semoga calon guru penggerak dapat menggerakkan komunitas, guru di sekolah masing-masing serta dapat berdampak bagi pendidikan di Kota Mojokerto, siswa-siswi kita akan menjadi luar biasa karena pembelajaran dari guru-guru yang sangat luar biasa," pungkasnya. (idc/s)

#pendidikan #Kota Mojokerto #Guru Penggerak