Sabtu, 27 April 2024

Wakil Ketua IV KORMI Jatim Resmikan Kampung Gobak Sodor Bondowoso

Diunggah pada : 24 Desember 2023 18:40:12 38
Peresmian Kampung Hadang atau Gobak Sodor di Desa Kembang, Kecamatan Telogosari, Kabupaten Bondowoso. Sumber Foto: KORMI Jatim

Jatim Newsroom - Ketua Komite Olahraga Masyarakat Indonesia (KORMI) Jawa Timur, Hudiyono, diwakili Wakil Ketua IV, I Wayan Sudarma meresmikan Kampung Hadang atau Gobak Sodor di Desa Kembang, Kecamatan Telogosari, Kabupaten Bondowoso. Peresmian digelar bersamaan dengan pelaksanaan Grand Final Hadang Piala KORMI Jatim 2023 yang juga dihadiri Ketua KORMI Bondowoso, Anis Supriyadi.

Wayan Sudarma menyampaikan, Bondowoso merupakan episentrum olahraga hadang atau gobak sodor di Indonesia. "Setiap ada lomba tingkat nasional, Bondowoso selalu menjadi juara pertama. Prestasi ini harus dipertahankan dan ditingkatkan," ungkapnya melalui rilis Bidang Publikasi dan Promosi KORMI Jatim, Minggu (24/12/2023).

Dengan diresmikan Kampung Hadang dan lomba Piala KORMI Jatim, Wayan mengapresiasi upaya tersebut sebagai langkah untuk terus mencari penggiat berprestasi di Bondowoso. "Hadang Bondowoso di bawah asuhan Pak Anis, Ketua KORMI Bondowoso yang juga pelatih hadang terbaik di Indonesia ini prestasinya sangat luar biasa," jelasnya.

Wayan mengungkapkan, gobak sodor menjadi olahraga dari kearifan lokal di Bondowoso. Namun Hadang, lanjut dia, menjadi olahraga yang sudah berstandar nasional. "Kehebatan Pak Anis ini bisa menyesuaikan aturan gobak sodor dengan aturan hadang, sehingga para penggiat di Bondowoso bisa berprestasi tingkat nasional," katanya.

Ia juga berharap ke depan bisa dilakukan pertandingan hadang selama sepekan untuk bisa memecahkan rekor MURI (Museum Rekor Indonesia). "Rekor MURI untuk hadang ini belum ada dan saya yakin Bondowoso bisa melakukannya," ungkapnya.

Ketua KORMI Bondowoso, Anis Supriyadi mengaku senang dan bangga atas apresiasi yang diberikan KORMI Jawa Timur. Dengan dukungan dari provinsi, Ia meyakini olahraga hadang atau gobak sodor di Bondowoso bisa semakin berkembang dan terus beradaptasi dengan perkembangan di tingkat nasional.

"Terima kasih untuk Pak Hudiyono yang telah memberikan support untuk Hadang di Bondowoso. Walau beliau berhalangan hadir dan diwakili Pak Wayan selalu Wakil Ketua IV KORMI Jatim, peresmian Kampung Hadang dan Lomba Piala KORMI Jatim bisa berlangsung aman dan sukses," pungkasnya. (idc/s)

#KORMI Jatim #olahraga #hadang #gobak sodor