Sabtu, 3 Desember 2022

Wagub Emil: Pemprov Jatim Terus Perkuat SP4N LAPOR!

Diunggah pada : 23 Mei 2022 11:50:27 159
Wagub Emil saat menyampaikan paparan dalam acara Evaluasi Lanjutan Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik (P4)

Jatim Newsroom – Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Elestianto Dardak menyampaikan paparan dalam acara Evaluasi Lanjutan Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik (P4) secara daring, Senin (23/5/2022). 

Dalam kesempatan ini, Wagub Emil memaparkan tentang langkah Pemerintah Provinsi Jawa Timur dalam memperkuat Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional-Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (SP4N LAPOR!).

Emil mengawali paparannya dengan menjelaskan slogan JATIM CETTAR (Cepat, Efektif dan Efisien, Tanggap, Transparan, Akuntabel dan Responsif). Ia menggarisbawahi bahwa slogan JATIM CETTAR relevan dengan semangat SP4N LAPOR!

“Dalam konteks JATIM CETTAR, Tanggap itu ada di sensoringnya. Jadi tentang bagaimana kita bisa cepat tahu. Saya rasa yang ingin dicapai di SP4N LAPOR! itu juga adalah kanal-kanal bagi masyarakat untuk lebih mudah mengakses pemerintah. Ini harus kita sediakan,” ujar Emil. 

Responsif dan Transparan juga menjadi penting jika terkait SP4N LAPOR!

“Responsif adalah kita memberikan sebuah penghormatan pada apa yang menjadi aspirasi masyarakat. Jadi bukan sekedar reaktif. Kemudian transparan juga penting dalam sistem SP4N LAPOR! yang sudah dijalankan,” imbuhnya. 

Emil menjelaskan, salah satu topik aduan terbanyak di Provinsi Jawa Timur yaitu terkait dengan layanan pendidikan. Tindak lanjut dari pengelolaan pengaduan ini, tertuang pada Bhakti 3 yaitu Jatim Cerdas dan Sehat berupa pendidikan gratis dan berkualitas. 

Pemerintah, lanjut Emil, juga memberikan reward dan penguatan pelayanan untuk meningkatkan kualitas pelaksanaan SP4N LAPOR! Award atau penghargaan diberikan kepada top 4 terbaik Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Timur. 

“Kemudian ada pendampingan secara langsung penyusunan rencana aksi SP4N LAPOR dan monitoring dan evaluasi ke Kabupaten/Kota yang belum menyusun rencana aksi SP4N LAPOR,” ungkap Emil. 

Layanan aduan di Jawa Timur dikembangkan sebagai wujud implementasi transparansi yang tertuang pada bhakti 8 Jatim Amanah, yakni: Call Center 1500117, Jatim Cettar https://cettar.jatimprov.go.id, dan Klinik hoaks jatim https://klinikhoaks.jatimprov.go.id. (idc/…)

#Wagub Emil #emil dardak #SP4N LAPOR! #layanan informasi dan pengaduan