Kamis, 2 Mei 2024

Wagub Emil Ajak Dunia Kenal Peradaban Islam Jawa Timur

Diunggah pada : 8 Juli 2023 13:34:03 176
Wakil Gubernur Jatim, Emil Elestianto Dardak saat menunjukkan sejararah Agama Islam sejumlah delegasi OIC-CA) 2023 /Aldick

 

Jatim Newsroom - Pemerintah Provinsi  Jawa Timur (Pemprov Jatim) ingin dunia mengetahui jika Indonesia sebagai negara dengan jumlah penduduk muslim terbanyak  di dunia, punya sejarah ilmu pegetahuan dan peradaban Islam sangat besar.

"Peradaban dan juga ilmu pengetahuan keislaman itu berkembang luar biasa di negara kita termasuk di Jawa Timur karena paran kyai, pesantren, serta para akademisi," ucap Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Elestianto Dardak saat pembukaan Organization of Islamic Cooperation Cultural Activities (OIC-CA) 2023 di Anjungan Jatim,  Tamam Mini Indonesia Indah (TMII), Jumat (8/7/2023).

Dikatakan Wagub Emil, karya-karya klasik atau karya-karya kuno para kyai besar,  telah dipreservasi dengan sangat seksamai dan dibuat versi digitalnya. Sehingga memungkinkan penyampaian informasinya secara efisien dan lebih luas ke berbagai lokasi.

"Hari ini kita tadi tunjukkan kepada delegasi OIC-CA beberapa contoh saja tetapi banyak karyanya bisa diakses melalui kios digital,  Itu akan menjadi fokus seluruh delegasi dari negara-negara OIC-CA," tuturnya.

Selain sejarah Islam, para delegasi lanjut Wagub, juga dikenallan kain batik Jatim,  kesenian Reog Ponorogo dan, rumah adat serta makanan khas Jawatimuran.

Sebagai informasi, Indonesia akan menjadi tuan rumah kunjungan kegiatan Organization Islamic Cooperation - Cultural Activity 2023 (OIC-CA) dengan tema "Embracing Diversity and Advancing Harmony for the Brighter Future Society". Kegiatan OIC-CA diselenggarakan setiap tahun sejak 2004. Penyelenggaraan tahun 2023 akan diselenggarakan di DKI Jakarta dan Kalimantan Timur dengan kunjungan dan pertemuan tim di Anjungan Jawa Timur di TMII. Kegiatan ini dilaksanakan selama tujuh hari, pada 7-14 Juli 2023, dengan prioritas area OIC  mencakup: Budaya Baru dan Globalisasi; Kewirausahaan Sosial, Budaya dan ekonomi Kreatif; dan Peningkatan Kapasitas Pemuda dalam Menghadapi Kemajuan Teknlogi.  Selain itu, juga diisi aktivitas-aktivitas intelektual (seminar, dliskusi panel, simulasi sidang OKI), Budaya (partisipasi pada Tenggarong International Folkand Art Festival, Kaltim Festival) serta Wisata (kunjungan ke sejumlah sentra wisata di Jakarta dan Kalimantan Timur). (hjr) 






 

#Wagub Emil #Anjungan Jawa Timur #OIC-CA