Sabtu, 27 April 2024

Untag Surabaya Kukuhkan 1.876 Wisudawan

Diunggah pada : 3 September 2023 13:30:52 14
Rektor Untag Surabaya – Prof. Dr. Mulyanto Nugroho, M.M., CMA., CPA., saat menyematkan toga wisudawati.

Jatim Newsroom- Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya menggelar wisuda ke-127 periode II Semester Genap 2022/2023  mengukuhkan 1.876 wisudawan dari empat jenjang stud terbagi menjadi dua sesi, dengan 938 pada hari, Sabtu (2/9/2023) dan 938 wisudawan  pada Minggu, (3/9/2023). 

Rektor Untag Surabaya – Prof. Dr. Mulyanto Nugroho, M.M., CMA., CPA., atau yang juga kerap disapa sebagai Prof Nugroho, memimpin seluruh prosesi wisuda dari awal hingga akhir acara. Jajaran YPTA Surabaya, Rektorat dan Senat, juga turut menghadiri secara langsung prosesi wisuda yang bertempatkan di lapangan timur Untag Surabaya. Pada wisuda ke-127 ini, Untag Surabaya mengusung tema ‘Bersiap untuk Keberlanjutan’.

Dalam sambutannya, Prof. Nugroho mengatakan, jika Untag Surabaya mempersiapkan lulusannya dengan kebutuhan yang relevan dengan perkembangan zaman, salah satunya adalah berpikir terkait keberlanjutan. “Keberlanjutan adalah berpikir secara komprehensif dan tidak ego-sektoral. 

Keberlanjutan dibutuhkan dalam menunjang keberlangsungan hidup umat manusia di muka bumi ini. "Contoh dari hidup dengan konsep berkelanjutan bisa diwujudkan dalam hal-hal sederhana dan konkrit seperti penggunaan listrik dengan bijaksana, mengurangi sampah makanan, dan konsumsi plastik sekali pakai,” tegasnya.

Prof. Nugroho dengan bangga memaparkan prestasi yang diraih oleh Untag Surabaya. “Berkat sinergi dan kerja keras kita, pada 18 Januari 2023 Untag Surabaya berhasil memperoleh akreditasi unggul,” ujarnya. 

Pada akhir sambutannya, Prof. Nugroho berharap agar para wisudawan memegang teguh nilai yang telah diajarkan. “Kami berharap para wisudawan dan wisudawati menjadi Patriot Merah Putih yang terus menjunjung tinggi toleransi dan menjaga persatuan untuk bangsa kita tercinta, Indonesia,” tuturnya.

Pada wisuda ke-127 ini turut hadir pula salah seorang wisudawan bernama Dr. Hj. Iswanti S.E., M.M. yang juga merupakan Wakil Bupati Seruyan Kalimantan Tengah. Iswanti mengaku jika motivasi mengambil Program Doktor di Untag Surabaya adalah untuk dapat memberikan sesuatu pada Kabupaten Seruyan.

“Saya termotivasi untuk mengambil program doktor ini selain menambah wawasan, juga ingin memberikan yang terbaik untuk kabupaten kelahiran saya. Inginnya begitu habis masa jabatan saya, ada kenang-kenangan yang saya tinggal agar menjadi motivasi untuk pemimpin berikutnya,” terangnya.

Selain itu, Iswanti juga berhasil menyelesaikan gelar Doktor Ilmu Ekonomi dalam waktu dua tahun delapan bulan. Dalam wisuda kali ini juga, terlibat 28 duta eco-campus Untag Surabaya yang melakukan pemilahan sampah hingga sampah organik yang akan disumbangkan ke mitra pengolahan sampah organik. Duta eco campus tersebut terdiri dari kumpulan mahasiswa pengurus BEM dan UKM yang sejak kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) Untag Surabaya.(mad/hjr)

#Untag Surabaya