Sabtu, 27 April 2024

Untag Surabaya Kembali Kukuhkan Dua Guru Besar Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Diunggah pada : 8 November 2023 9:03:54 37
Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya kembali mengukuhkan dua Guru Besar Bidang Ilmu Ekonomi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) - Prof. Dr. Siti Mujanah, MBA. dan Prof. Dr. Dra. Tri Andjarwati, M.M.

Jatim Newsroom- Penghujung tahun 2023, Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya kembali mengukuhkan dua Guru Besar Bidang Ilmu Ekonomi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) - Prof. Dr. Siti Mujanah, MBA. dan Prof. Dr. Dra. Tri Andjarwati, M.M.

Hadir secara langsung Ketua LLDIKTI Wilayah VII Jawa Timur, Prof. Dr. Dyah Sawitri, S.E., M.M. Dalam sambutannya, Prof. Dyah menyampaikan ucapan selamat atas capaian tertinggi di bidang akademik yang diraih oleh Prof. Siti dan Prof. Andjar. "Selamat dan sukses atas pencapaian tertinggi di bidang akademik. Capaian ini merupakan bukti dari keberhasilan program studi dan perguruan tinggi," tuturnya.

Prof. Dyah juga menekankan bahwa Untag Surabaya memiliki potensi untuk menjadi ‘Agent of Change’ melalui kontribusi dari para Guru Besar bagi masyarakat. "Kami mengharapkan agar para Profesor di Untag Surabaya dapat memberikan kontribusi yang signifikan bagi masyarakat sekitar," paparnya. Hal ini menunjukkan harapannya akan peran aktif dan positif dari para Profesor dalam memajukan dan memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar.

Pada kesempatan pengukuhan ini, Prof. Andjar menyampaikan orasi ilmiah berjudul ‘Manajemen Koperasi Inklusif sebagai Penggerak Pembangunan Ekonomi Berkelanjutan’. Dalam orasinya, Prof. Andjar mengungkapkan bahwa koperasi memiliki kemampuan untuk berinovasi dan menggali potensi sehingga dapat bersaing di pasar domestik maupun internasional. "Koperasi memiliki peran penting dalam menggali potensi agar mampu bersaing di pasar domestik maupun internasional," ujarnya, di Untag Surabaya, Rabu(8/11/2023).

Pada kesempatan yang sama, Prof. Siti juga menyampaikan orasi ilmiah berjudul ‘Mempersiapkan Sumber Daya Manusia yang Berkualitas di Era Global’. Prof Siti menekankan bahwa kemajuan suatu bangsa dapat diukur dari kualitas pendidikan, yang dapat dimulai dengan menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) pendidik yang berkualitas. “Untuk bersaing di tingkat global, perlu mempersiapkan kualitas pendidikan yang baik. Hal ini tentunya juga harus diimbangi dengan upaya menciptakan SDM berkualitas,” jelasnya.

Sementara itu, Prof. Dr. Mulyanto Nugroho, M.M., CMA., CPA., Rektor Untag Surabaya, dalam sambutannya menyampaikan rasa bangganya atas penambahan dua Guru Besar di Untag Surabaya. "Dengan dikukuhkannya Prof. Siti dan Prof. Andjar sebagai Guru Besar pada hari ini, ini semakin membuktikan bahwa Untag Surabaya terus berkomitmen untuk meningkatkan SDM yang sudah sangat teruji keilmuannya," ujar Prof. Nugroho yang juga menjabat sebagai Ketua Senat.

Prof. Nugroho berharap prestasi yang diraih oleh Prof. Siti dan Prof. Andjar dapat memberikan inspirasi dan motivasi bagi seluruh civitas akademika di Untag Surabaya. "Semoga prestasi yang diperoleh oleh Prof. Siti dan Prof. Andjar hari ini dapat menjadi sumber inspirasi dan motivasi bagi kita semua untuk terus berkembang dan meningkatkan kualitas diri, sehingga kita dapat terus berkontribusi dalam kemajuan pendidikan di Indonesia," lanjutnya.

Selain itu, Prof. Andjar berhasil menerbitkan tujuh buku dan 53 jurnal artikel dengan rincian; 43 Jurnal Internasional dan 10 Jurnal Nasional. Sedangkan Prof. Siti menerbitkan tiga buku dan 63 jurnal artikel dengan rincian; 38 Jurnal Internasional dan 25 Jurnal Nasional. (mad/hjr)

#Untag Surabaya