Kamis, 9 Mei 2024

Tingkatkan Sinergitas dan Peran Aktif Statistisi, Diskominfo Jatim Gelar Forum Statistisi

Diunggah pada : 21 Juni 2023 14:24:51 64
Rapat Forum Statistisi Di Diskominfo Prov Jatim, Rabu (21/6/2023)/ Foto : Ghufron/JNR

Jatim Newsroom – Guna meningkatkan sinergitas dan peran aktif Statistisi dalam penyelenggaraan Satu Data Jawa Timur, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Jawa Timur mengadakan Rapat Forum Statistisi di Lt. 1 Ruang Wilis, Rabu (21/6/2023). Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Bidang (Kabid) Data dan Statistik, Nirmala Dewi.

Pada kesempatan ini, Nirmala Dewi mengatakan, Forum Statistisi Ke II ini diadakan dengan harapan agar teman – teman yang hadir, ketika nanti kembali bekerja di instansinya sudah bisa mempraktikan terkait data masing – masing.  

“Saya ingin bahwa kegiatan forum ini betul- betul bermanfaat. Kami juga menyampaikan untuk teman – teman Statistisi ketika nanti kembali ke instansi masing – masing untuk membentuk tim kecil. Artinya kepandaiannya mengolah data tidak dimiliki sendiri, tetapi juga untuk ditularkan kepada yang lain, agar nanti ada yang membackup terkait analisa data. Yang tentunya hal ini akan memudahkan kita untuk tidak sendirian dalam mengolah data, “jelas Dewi. 

Ia juga berharap pertemuan Statistisi ke 2 ini bisa menjadi bekal untuk mengikuti kompetisi atau lomba- lomba. Karena Diskominfo telah mempunyai keinginan untuk menyelenggarakan kompetisi terkait bagaimana menganalisa data, memvisualisasikan data.

"Mudah- mudahan teman – teman Statistisi tetap semangat dan kegiatan hari ini bisa dimanfaatkan dalam pengeloaan data di instansi masing – masing, “imbuhnya. 

Fungsional Statistisi Ahli Muda Diskominfo Jatim, Idham Ashari Kasim Putra, mengatakan sebagai instansi Pembina Statistisi di Pemprov Jawa Timur, Diskominfo melaksanakan Forum Statistisi ini, dan ini adalah Forum Statistisi yang ke 2 di tahun 2023.

Kegiatan ini dimaksudkan untuk meningkatkan sinergitas dan peran aktif Statistisi dalam penyelenggaraan Satu Data Jawa Timur, meningkatkan profesinalisme Statistisi dengan kompetensi Data Analyst dan meningkatkan kemampuan Statistisi dalam pemanfaatan dan pengolahan data. 

“Peserta Forum Statistisi terdiri dari 29 Statistisi dari 14 Perangkat Daerah di Lingkungan Pemprov Jatim. Temanya adalah “Statistics for Data Analyst Ke II” tentang data visualization dan story telling with data yang merupakan kelanjutan dari sebelumnya yaitu Explanatory Data Analysis (EDA).  

Farida, Chief Research Officer Narasio Data sebagai narasumber, mengatakan, ada beberapa angkah dalam melakukan data visualisasi. Antara lain memahami konteksnya dengan WHO, WHAT, dan HOW, kemudian pilih visual yang efektif supaya bisa memberikan informasi yang tepat, bisa compare yang bisa memungkinkan memberikan informasi yang berbeda, bisa menggambarkan perubahan data, kronologi, cerita dari waktu ke waktu, dan bisa menunjukkkan relationship/hubungan yang lebih kompleks, yang akhirnya bisa untuk menunjukkan distribusi dari data. 

“Selanjutnya juga tidak membuat visualisasi menjadi terlihat lebih rumit daripada seharusnya dan fokus pada apa yang ingin disampaikan baik size nya, warnanya, dan posisi serta mengkomunikasikan hasil dengan storytelling yang tepat," terangnya.

Dikatakannya, dalam mendesain visualisasi terdapat 3 komponen penting,. Pertama, kemampuan artinya mempertimbangkan bagaimana visualisasi ini akan digunakan. Kedua, aksesibilitas, yakni dapat digunakan oleh beragam kemampuan dan latar belakang. Dan Ketiga, memperhatikan estetika, untuk dibuat secantik mungkin.

Menurut Farida, visualisasi bukan sekedar menjadikan data menjadi grafik, namun juga untuk mengetahui apa cerita yang tersimpan di data tersebut. “Dan tantangan dari storytelling dengan data adalah berhasil atau tidaknya mengkomunikasikan apa yang kita ingin sampaikan kepada orang lain. Visualisasi data merupakan salah satu langkah penting dalam analisis data,” pungkasnya. (yan/s)           

#Diskominfo Jatim