Selasa, 23 April 2024

Tingkatkan Sinergi dan Rayakan Hari Jadi Surabaya, Gubernur Khofifah dan Wali Kota Eri Susuri Kalimas

Diunggah pada : 31 Mei 2022 22:43:20 976
Gubernur Jatim dan Wali Kota Surabaya Menyusuri Kalimas, 31 Mei 2022

Jatim Newsroom – Kota Surabaya telah genap berusia 729 tahun pada tanggal 31 Mei 2022. Merayakan hari jadi Kota Pahlawan ini, Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa menghadiri Wisata Kalimas Reborn. 

Acara diawali dengan seremoni dan pengguntingan pita oleh Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi di Monumen Kapal Selam (Dermaga Monkasel). Setelahnya, Wali Kota Eri menjemput Gubernur Khofifah yang tengah menikmati keindahan langit malam Surabaya di Gazebo (Dermaga Grahadi). 

Lampu warna-warni, alunan lagu dari Keroncong Liwet, desir angin, dan suara gemericik air, membuat suasana halaman belakang Gazebo menjadi begitu syahdu. Gubernur Jatim beserta jajarannya menyantap makan malam dan berdiskusi santai. Gubernur pun sempat menyanyikan lagu “Rek Ayo Rek” dengan wajah berseri-seri.  

"Monggo, bagi warga Kota Surabaya yang lagi senggang dan bersantai, silakan datang dan juga ikut menikmati. Mumpung langit cerah dan tidak hujan," ajak Khofifah dalam unggahan di Instagram pribadinya. 

Sekitar pukul 21.00 WIB, Gubernur Jatim dan Wali Kota Surabaya menyusuri Kalimas dengan perahu. Rute yang dilalui adalah Taman Prestasi untuk mengunjungi Pasar Apung UMKM, Taman Ekspresi, Museum Pendidikan, dan Dermaga Siola. 

Wali Kota Eri menyampaikan, masyarakat juga bisa menjadikan Wisata Kalimas sebagai alternatif melepas penat. “Mulai 1 Juni 2022, masyarakat bisa menikmati Wisata Kalimas. Spot foto juga bagus-bagus sehingga instagramable. Masyarakat tinggal datang ke Dermaga Monkasel atau Taman Prestasi untuk membeli tiket. Gak larang kok. Ke depan, kita akan terus menambahkan spot foto, musik, dan area UMKM,” terang Eri kepada awak media. 

Seperti dilansir rri.co.id, Kalimas sendiri memiliki sejarah yang sangat kental di Kota Surabaya. Dinamakan Kalimas atau Sungai Mas pada tahun 1612-1625 karena pelayaran di sepanjang sungai membawa barang-barang berharga. Saat zaman VOC, Kalimas merupakan urat nadi perdagangan di Surabaya yang mendukung perkembangan kota. 

Maka, selain mengenang perjalanan sejarah dari kota yang dijuluki Gerbang Indonesia dari Timur ini, kegiatan menyusuri Kalimas juga menjadi simbol kekuatan sinergi antara Pemerintah Provinsi Jawa Timur dan Pemerintah Kota Surabaya untuk terus memajukan Ibu Kota Jawa Timur, Kota Surabaya. (idc/s)

#Gubernur Jawa Timur #Hari Jadi Kota Surabaya #Wisata Kalimas