Minggu, 16 Juni 2024

Tingkat Pengangguran Terbuka Perempuan di Jatim sebesar 5,13%

Diunggah pada : 4 Januari 2024 14:13:16 71
Indikator Perempuan Penganggur Menurut Daerah Tempat Tinggal di Jatim pada Tahun 2022. Sumber Foto: BPS Jatim

Jatim Newsroom – Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) perempuan di Jawa Timur tercatat sebesar 5,13 persen, yang berarti terdapat 5 dari 100 angkatan kerja perempuan. Sedangkan komposisi TPT lebih besar di wilayah perkotaan sebesar 7,87 persen sedangkan di wilayah perdesaan sebesar 1,99 persen. 

“Angka ini selaras dengan proporsi perempuan bekerja di wilayah perdesaan yang juga lebih besar dibanding wilayah perkotaan dengan penyebab utama seperti pendidikan, usia, dan pengalaman,” ujar Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Timur (BPS Jatim), Zulkipli, melalui Laporan Profil Angkatan Kerja Perempuan Provinsi Jawa Timur 2022. 

Mengutip laman BPS Jatim (4/1/2024), jumlah perempuan yang berstatus sebagai penganggur tercatat sekitar 481 ribu orang. Perempuan yang menganggur tersebut terdiri dari 256 ribu orang atau 53,30 persen penganggur yang pernah memiliki pengalaman bekerja, sementara sebanyak 224 ribu orang atau 46,70 persen penganggur tidak pernah bekerja dan belum memiliki pengalaman kerja. 

Dalam laporan ini diterangkan, kelompok penganggur yang pernah bekerja dan penganggur yang belum pernah bekerja memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Akan tetapi secara umum, kelompok penganggur yang pernah bekerja biasanya lebih rasional dalam memilih pekerjaan dan mempertimbangkan pendapatan yang akan diterimanya. 

Penganggur yang pernah bekerja juga biasanya memiliki jaringan informasi yang lebih luas dan lebih memiliki gambaran dan informasi tentang lapangan pekerjaan yang diinginkan. Kondisi ini biasanya akan menyebabkan kelompok ini biasanya memiliki waktu tunggu yang lebih singkat dalam mendapat pekerjaan dibanding kelompok yang belum pernah bekerja. (idc/s) 

#Ketenagakerjaan #BPS Jatim #perempuan