Selasa, 17 September 2024

Terhubung ke Aceh, Pembukaan PON XXI/2024 di Wilayah Sumut Siapkan Sejumlah Hadiah

Diunggah pada : 7 September 2024 21:35:23 1226
Sumber Foto: https://ponxxi.sumutprov.go.id/

Jatim Newsroom - Meskipun pembukaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI/2024 Aceh-Sumut dibuka di Provinsi Aceh pada 9 September 2024, Panitia Besar (PB) PON Wilayah Sumatera Utara juga telah menyiapkan sejumlah acara untuk pembukaan seremoni PON 2024 pada waktu yang sama. Pembukaan seremoni PON di Aceh dan Sumut saling terhubung. 

"Apa yang dilakukan di Aceh, juga akan kita dilakukan di sini. Seperti defile kontingen penyulutan api PON dan juga pesta kembang api," kata Penanggung Jawab pada Pelaksanaan Opening & Closing Ceremony PON XXI/2024 Aceh Sumut wilayah Sumut, M. Mahfullah Pratama Daulay.

Mengutip laman ponxxi.sumutprov.go.id, Sabtu (7/9/2024), Ia mengatakan acara pembukaan PON di Sumut akan dilaksanakan di Stadion Baharuddin Siregar, Lubuk Pakam, Kabupaten Deli Serdang. Sementara upacara pembukaan secara resmi yang dilaksanakan di Provinsi Aceh dihadiri Presiden RI Joko Widodo.

“Pemilihan Stadion Baharudin Siregar sebagai lokasi pembukaan dikarenakan sejumlah faktor. Selain untuk tidak mengganggu jadwal penyelesaian Stadion Utama yang akan digunakan untuk upacara penutupan PON Aceh-Sumut XXI, kapasitas Stadion Baharuddin Siregar dinilai cukup untuk menampung sekitar 5 ribu undangan masyarakat," ujar Mahfullah yang akrab disapa Ipunk. 

Pada acara pembukaan PON, lanjut Ipunk, juga digelar nonton bersama di seputar arena pembukaan menggunakan tenda dan layar videotron. Acara pembukaan di Stadion Baharuddin akan dibagi dalam 2 sesi, yakni sesi off air dan sesi on air.

Sesi off air yang dimulai sore hari akan diisi dengan hiburan musik yang mendatangkan group band dari ibukota J Rock dan band lokal dan juga lucky draw dengan hadiah utama 1 unit mobil, 5 unit sepeda motor matik, sepeda listrik, dan kulkas.  

Pada kesempatan yang sama, Ketua Ketua Panwasrah PON XXI Wilayah Sumatera Utara, Mayjen TNI (Purn) Heru Suryono menambahkan, pelaksanaan PON yang melibatkan dua provinsi baru kali pertama dilakukan. 

Pelaksanaan PON kali ini membutuhkan kerja sama yang baik, terutama yang terkait dengan publikasi yang melibatkan media massa, sehingga gaungnya bisa menjangkau seluruh Indonesia.

"Ini juga menjadi pesan khusus Pak Ketua Umum KONI, Pak Marciano yang meminta agar olahraga favorit yang banyak diminati masyarakat untuk disiarkan secara langsung. Jadi yang gak bisa nonton langsung di venue bisa turut menyaksikan," kata Heru. (idc/s)

#PON #PON XXI 2024 #pekan olahraga nasional

Berita Terkait

PON XXI ACEH-SUMUT 2024
Dibuka Hari ini, Cabor Tarung Derajat Ra...
16 September 2024
thumb
PON XXI ACEH-SUMUT 2024
Alma Ariella Tsany Sumbang Perak Panjat...
16 September 2024
thumb