Kamis, 19 September 2024

Tundukkan Aceh 3-2, Jatim Bertemu Jabar di Final Sepak Bola Putra PON XXI

Diunggah pada : 16 September 2024 23:23:04 430
Pesepak bola Jawa Timur berselebrasi usai mencetak gol ke gawang tim sepak bola Aceh pada pertandingan babak semifinal PON XXI Aceh-Sumut 2024 di Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh, Aceh, Senin (16/9/2024). FOTO: Wahyu JNR Kominfo Jatim

Jatim Newsroom – Tim sepak bola putra Jawa Timur berhasil memastikan diri melaju ke partai final Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024 setelah menundukkan tuan rumah Aceh dalam laga dramatis yang berakhir dengan skor 3-2. Pertandingan semifinal yang berlangsung di Stadion Harapan Bangsa (SHB), Lhong Raya, Banda Aceh, Senin malam (16/9/2024) tersebut menyajikan duel sengit antara kedua tim yang berambisi merebut tiket final.

Dipimpin oleh wasit Liga 1, Rio Permana Putra, laga langsung menghadirkan aksi seru sejak menit-menit awal. Belum lima menit pertandingan dimulai, tim Aceh yang tampil percaya diri di hadapan pendukungnya sukses membuka keunggulan. Umpan matang dari gelandang Aceh, Resi Wahyudi, disambut dengan tandukan menyilang dari Refiansyah pada menit ke-4, tak mampu dihadang penjaga gawang Jatim Aldino Fanani. Aceh unggul cepat 1-0.

Tertinggal 0-1, Jatim tidak tinggal diam. Anak asuh pelatih Fachri Husaini mulai menekan pertahanan Aceh dengan serangan-serangan tajam. Hasilnya, pada menit ke-17, umpan silang penyerang Wigi Pratama sukses disambut Ahmad Dwi Firmansyah dengan sontekan tajam yang menyamakan kedudukan menjadi 1-1.

Sejak gol tersebut, kendali permainan lebih banyak diambil alih oleh Jawa Timur. Meski demikian, tim Aceh sesekali melakukan serangan balik berbahaya.

Namun, pada menit ke-40, gawang Aceh kembali bobol. Kali ini, giliran Wigi Pratama yang memanfaatkan umpan dari Ahmad Dwi Firmansyah untuk mencetak gol kedua bagi Jawa Timur, membuat timnya unggul 2-1 hingga babak pertama usai.

Memasuki babak kedua, intensitas permainan semakin meningkat. Kedua tim terus berupaya saling menyerang. Aceh mencoba menyamakan kedudukan, sementara Jawa Timur berusaha menambah keunggulan.

Pada menit ke-73, Wigi Pratama kembali menjadi mimpi buruk bagi pertahanan Aceh. Memanfaatkan kelengahan lawan, Wigi mencetak gol keduanya, sekaligus membawa Jawa Timur memimpin 3-1.

Aceh yang tertinggal 1-3 tidak menyerah begitu saja. Pelatih Rasiman terus memacu anak asuhnya untuk menekan pertahanan Jawa Timur. Meskipun Refiansyah, pencetak gol pertama Aceh, harus menerima kartu kuning kedua dan dikeluarkan dari lapangan karena tekel kerasnya, Aceh berhasil memperkecil ketertinggalan melalui gol bunuh diri dari pemain belakang Jawa Timur. Skor berubah menjadi 3-2.

Meski Aceh terus berusaha menekan hingga menit-menit akhir pertandingan, Jawa Timur berhasil mempertahankan keunggulannya. Skor 3-2 bertahan hingga peluit akhir ditiup oleh wasit Rio Permana Putra. Kemenangan ini mengantarkan Jawa Timur ke partai final, di mana mereka akan berhadapan dengan Jawa Barat pada 18 September 2024 mendatang di SHB, Lhong Raya, Banda Aceh.

Dengan kemenangan ini, Jawa Timur siap menghadapi tantangan berikutnya di partai final melawan Jawa Barat. Laga final ini diprediksi akan berlangsung sengit mengingat kedua tim sama-sama memiliki sejarah dan tradisi kuat di dunia sepak bola nasional. (red)

#PON XXI 2024 #PON ACEH-SUMUT 2024