Selasa, 23 April 2024

Tekan Stunting, Ketua TP PKK Jatim Arumi Bachsin Bagikan 200 Paket Makanan Tambahan untuk Anak Sekolah

Diunggah pada : 24 November 2023 21:43:23 65
Tekan Stunting, Ketua TP PKK Jatim Arumi Bachsin Bagikan 200 Paket Makanan Tambahan untuk Anak Sekolah. Foto: dok.humasjatim

Jatim Newsroom - Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Jawa Timur, Arumi Bachsin Emil Dardak, membagikan 200 paket makanan tambahan kepada anak usia sekolah.

Pembagian paket makanan tambahan tersebut dilakukan di SDN Kalirungkut 1/264, Surabaya, Jumat (24/11/2023). Adapun isi 200 paket makanan tambahan tersebut adalah susu, telur dan keju.

"Jadi ini merupakan bagian dari sosialisasi untuk meningkatkan kesadaran anak-anak akan pentingnya susu. Kita membiasakan mereka sejak dini. Karena untuk konsumsi susu, telur, ikan dan daging, kita masih punya ruang untuk ditingkatkan. Harapannya, dapat menekan angka stunting kita di bawah 14% sesuai target di tahun 2024," kata Arumi Bachsin.

Ratusan paket susu yang dibagikan kali ini, diberikan kepada anak usia sekolah 6-7 tahun atau pada jenjang kelas 1 sekolah dasar.

Menurut Arumi, hal ini karena pada usia tersebut, anak dalam masa perkembangan dan membutuhkan asupan kalsium yang cukup. Sebab susu dianggap sebagai salah satu tambahan makanan yang tepat untuk memenuhi kebutuhan kalsium anak.

"Stunting disebabkan karena asupan makanan yang tidak seimbang salah satunya kekurangan asupan kalsium. Karena saat kekurangan kalsium akan mengakibatkan gangguan pertumbuhan pada anak," katanya.

"Dalam susu ada banyak vitaminnya. Ada namanya kalsium, kalium, ada zinc, ada zat besi. Jadi mulai sekarang harus mulai membiasakan kebiasaan minum susu," tambahnya.

Sebagai informasi, pembagian 200 paket susu kali ini merupakan bagian dari kegiatan sosialisasi TP PKK yakni gerakan minum susu, makan telur dan daging.

Lebih lanjut disampaikannya, sosialisasi yang dilakukan kali ini dikemas dalam bentuk menarik. Selain pembagian ratusan paket susu, ada pula kegiatan minum susu bersama anak-anak, serta beberapa games yang membuat minat anak-anak semakin ingin mengetahui akan pentingnya asupan yang diperlukan tubuh.

"Kenapa kita harus minum susu? agar pertumbuhan adik-adik lebih bagus. Agar adik-adik lebih tinggi dan badannya juga lebih besar," katanya.

Selain itu, Arumi juga menjelaskan pada anak-anak agar selalu minum susu yang dapat memberikan gizi baik sehingga dapat meraih prestasi di sekolahnya.

Istri dari Wakil Gubernur Jatim itu juga berharap, anak-anak generasi penerus bangsa ini dapat membiasakan minum susu dan dapat memperoleh prestasi serta cita-cita yang diharapkan.

"Di sini cita-citanya apa saja? Siapa yang bercita-cita menjadi Pilot? Siapa yang mau menjadi dokter? Atau ada yang mau jadi youtuber? Semua pasti bisa. Oleh karena itu kita harus memenuhi gizi. Salah satunya dengan kebiasaan minum susu," ucapnya mengajak.(red)

 

 

#Ketua TP PKK Jatim #TP PKK