Sabtu, 27 April 2024

Pj Ketua TP PKK Jatim Isye Harap Rumah Tumbuh Kembang "Pelangi Hati" Bantu Anak di Usia Emas

Diunggah pada : 4 Maret 2024 20:59:16 35

Jatim Newsroom- Penjabat (Pj) Ketua TP PKK Jatim Isye Adhy Karyono meresmikan Rumah Tumbuh Kembang Anak "Pelangi Hati" di Kantor BPSDM Provinsi Jawa Timur, Senin (4/3/2024). 

Didampingi Kepala BPSDM Ramliyanto, Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi Jatim Restu Novi Widiani, dan Ketua Athalia's Blessing Agil Torresia Nirwansari, peresmian dilakukan dengan penandatanganan prasasti dan pemotongan melati. 

Setelah prosesi peresmian, Isye meninjau fasilitas Rumah Tumbuh Kembang Anak Pelangi Hati, serta fasilitas Ruang Bermain dan Penitipan Anak ASN.

Untuk diketahui, Rumah Tumbuh Kembang Anak "Pelangi Hati" ini merupakan bentuk kerjasama antara DWP BPSDM Provinsi Jawa Timur dengan Athalia's Blessing Special Education. 

Yang mana diharapkan dapat memantau dan mendeteksi perkembangan anak sejak dini bagi putra-putri dari karyawan di lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Timur, peserta pelatihan, serta masyarakat Surabaya Barat dan sekitarnya. 

"Alhamdulillah, ini akan sangat bermanfaat bagi anak-anak ASN dan masyarakat sekitar. Saya bangga atas inisiasi ini karena tumbuh kembang itu merupakan proses yang dinamis sepanjang kehidupan manusia dan diawali dari umur 0 tahun dan bahkan sebelum kita lahir," katanya. 

Isye mengatakan, "Pelangi Hati" menjadi sangat relevan mengingat pemantauan anak utamanya harus dilakukan ekstra saat usia emas. Yakni pada umur 0 hingga 5 tahun. 

"Dari lahir sudah harus distimulasi. Maka perlu upaya pendidikan atau layanan yang memang bisa dapat mengasistensi pertumbuhan dan perkembangan anak. Karena jika gagal, akan berpengaruh kepada hasil pertumbuhan berikutnya," katanya. 

"Usia ini juga sebut usia emas karena otak anak sedang tumbuh secara maksimal. Pada periode itu, terjadi pembentukan karakter dan pembentukan perilaku sosial emosional sehingga harus dimanfaatkan dan dikawal sebaik-baiknya," lanjut Isye. 

Lebih lanjut disampaikannya, Rumah Tumbuh Kembang Anak "Pelangi Hati" juga diharapkan menjadi fasilitas yang dapat meringankan beban orang tua. Terlebih bagi mereka yang berkarir dan tidak memiliki cukup waktu bersama buah hati. 

"Dengan ini kita bisa mengidentifikasi sejak dini jika ada sesuatu yang lain dari pertumbuhan anak kita. Apakah sudah sesuai umur perkembangan motoriknya atau memang sudah sesuai dengan standar-standar pertumbuhan," pungkasnya. 

Gedung "Pelangi Hati" sendiri memiliki ruang intervensi dan ruang konsultasi. Di mana, para orang tua dapat datang dan berdiskusi dengan para ahli. Sehingga, dapat dilakukan pendampingan tumbuh kembang anak. (hjr)

 

 

 

 

 

#Ketua TP PKK Jatim