Kamis, 9 Mei 2024

Tekan Laju Inflasi, Polres dan Pemkab Pasuruan Gelar Pasar Murah

Diunggah pada : 22 Maret 2024 11:38:41 12
Foto : ProKomPim Kab Pasuruan

Jatim Newsroom – Bertempat di Lapangan Sarja Arya Racana Polres Pasuruan hari ini, Jumat (22/3/2024) mulai pukul 08.00-11.00 WIB, Polres bersama Pemkab Pasuruan menggelar Operasi Pasar Murah untuk menekan laju inflasi daerah di bulan puasa Ramadhan 1445 Hijriyah.

Penjabat (Pj.) Bupati Pasuruan, Andriyanto, mengatakan diselenggarakannya Pasar Murah tersebut sebagai wujud sinergitas antara Pemerintah Kabupaten Pasuruan dengan Polres Pasuruan yang diinisiasi langsung oleh Kapolres AKBP Teddy Chandra. Sehingga, kerjasama tersebut turut menghadirkan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan beberapa stakeholders. Diantaranya, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag), Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnak Keswan), Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian dan Dinas Perikanan. Juga diikuti oleh Bank Jatim, Bulog Pasuruan hingga Pabrik Gula (PG) Kedawung.

Untuk mengantisipasi pembeludakan masyarakat, Polres Pasuruan mengeluarkan beras dengan berat 5 Kg secara berkala. Dikhawatirkan dengan harga yang dibawah harga pasar, antrian akan membeludak sehingga banyak masyarakat yang tidak mendapatkan sembako murah.

Sebelum meninjau stan-stan pasar murah, Pj. Bupati Andriyanto bersama Kapolres Pasuruan, AKBP Teddy Chandra terlebih dahulu menyerahkan bantuan sosial kepada kurang lebih 10 lansia kurang mampu. Sebagai representasi dari kepedulian bersama kepada sesama yang membutuhkan.

Selanjutnya, bersama jajaran OPD terkait hingga jajaran Polres Pasuruan, Pj. Bupati Andriyanto mengunjungi stan satu persatu. Ia juga menyempatkan untuk berinteraksi dengan masyarakat hingga Bulog, Pabrik Gula Kedawung juga Bank Jatim.

Dalam kegiatan tersebut, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian menjual bermacam sayur-mayur, Cabai dan aneka makanan olahan,  sedangkan Disnak Keswan menjual telur dengan harga per kilonya Rp 29.000 dan makanan olahan siap saji berbahan dasar Ayam.

Dinas Perikanan menyediakan ikan segar dan makanan olahan ikan, Dinas Koperasi turut meramaikan Pasar Murah dengan banyak varian kue kering, produk makanan dan minuman UMKM serta Minyak Goreng kemasan 2 literan dengan harga Rp 33.000. Sedangkan Disperindag menyajikan produk-produk konveksi hasil kreasi para pelaku UMKM dan aneka kue kering dari pelaku IKM.

Sementara itu, masyarakat dapat membeli beras kemasan 5 Kg dengan harga Rp 51.000 dari Bulog. Total ada 8 ton beras yang hari ini didatangkan di Pasar Murah. Lebih lanjut, PG Kedawung menyediakan gula 500 Kg dengan harga per kilonya Rp 15.500. (yan/s)

 

  

 

#kabupaten pasuruan