Senin, 20 Mei 2024

Dinas Perikanan Pasuruan Gelar Lomba Masak Bahan Dasar Ikan Patin dan Udang

Diunggah pada : 7 Mei 2024 17:31:18 38
Foto : Kominfo Kab Pasuruan

Jatim Newsroom – Lomba masak dengan bahan dasar ikan patin dan udang digelar oleh Dinas Perikana bersama Forikan (Forum Peningkatan  Konsumsi Ikan) Kabupaten Pasuruan. Kegiatan ini dibuka oleh Ketua Forikan Kabupaten Pasuruan, Ny Luhur Ngudi Setyaningrum Andriyanto, di Pendopo Nyawiji Ngesti Wenganing Gusti, Selasa (7/5/2024). 

Ny Luhur berharap dengan lomba masak menu ikan, kemampuan para peserta dalam hal mengolah cita rasa ikan akan semakin meningkat. 

Hasil masakan yang menjadi juara bisa dijadikan menu andalan yang dibagikan kepada siapa saja. Utamanya agar angka konsumsi ikan di Kabupaten Pasuruan semakin meningkat sedari dini, dan anak-anak di Kabupaten Pasuruan terbebas dari stunting.

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Pasuruan, Alfi Khasanah mengatakan, kegiatan Lomba Masak Menu Ikan merupakan salah satu implementasi Gemarikan (Gerakan memasyarakatkan makan ikan) yang digaungkan melalui Tim Penggerak PKK se-Kabupaten Pasuruan.

Pesertanya sejumlah 24 tim dari perwakilan TP PKK Kecamatan, dimana satu tim berjumlah 2 orang yang harus bisa membuat masakan dengan bahan dasar ikan patin dan udang selama 90 menit.

Menurut Alfi, potensi ikan patin dan udang lumayan sangat bagus. Hal tersebut dibuktikan dengan banyaknya pengusaha ikan patin dan udang yang mengambil bahan baku dari tambak dan kolam-kolam di wilayah Kabupaten Pasuruan saja.

"Kita berikan waktu 90 menit untuk membuat menu utama dengan bahan dasar ikan patin dan udang. Seluruh peratalatan kita bantu seperti kompor dengan tabungnya serta 1 galon kecil berisikan air mineral," katanya.

Kata Alfi, seluruh peserta memasak di lokasi alias live cooking dinilai langsung oleh Chef Harry dari Hotel Santika Surabaya, Chef Iron dari K.Gallery Pandaan dan Sulis dari Pergas (Persatuan Ahli Gizi Indonesia).

Dari 90 menit waktu yang diberikan, Kecamatan Tutur keluar sebagai Juara 1 Lomba Masak Menu Ikan Kabupaten Pasuruan tahun 2024 dan Agustus mendatang akan mewakili Kabupaten Pasuruan di level Provinsi. (yan/s)

 

#kabupaten pasuruan