Kamis, 22 Februari 2024

Sidoarjo Bertahan Juara Umum Karate di Porprov Jatim

Diunggah pada : 14 September 2023 20:02:47 265
Cabor Karate dalam Porprov Jatim VIII/2023, di Kabupaten Jombang. Foto: Yanu/JNR

Jatim Newsroom – Sidoarjo kembali berjaya di cabang olahraga (cabor) Karate dalam Pekan Olahraga Provinsi Jawa Timur (Porprov Jatim). Setelah di Porprov Jatim VII/2022 berhasil juara umum, tuan rumah Porprov Jatim VIII/2023 ini tetap bertengger di posisi teratas klasemen. 

Sidoarjo memboyong 6 medali emas, 2 medali perak, dan 2 medali perunggu. Surabaya satu strip di bawah Sidoarjo dengan mengemas 3 emas, 2 perak, dan 4 perunggu. Posisi tiga ditempati Kabupaten Pamekasan yang mendulang 2 emas, 1 perak, dan 1 perunggu. 

Hasil ini telah melalui proses pertandingan selama dua hari pada tanggal 13-14 September 2023 di GOR Tambak Beras, Kabupaten Jombang. 

Sidoarjo mendapat emas dari nomor KATA Perorangan Putra, KATA Beregu Putra, KUMITE Perorangan -55 kg Putra, KUMITE Perorangan -75 kg Putra, KUMITE Perorangan -84 kg Putra, dan KUMITE Perorangan +68 kg Putri. 

Ketua Umum Federasi Karate-Do Indonesia (FORKI) Kabupaten Sidoarjo, Suwaroni menyampaikan, target kontingan Sidoarjo adalah minimal bisa tetap mendapatkan 6 emas seperti di Porprov Jatim sebelumnya. 

“Kita akan terus berjuang untuk juara umum lagi. Juara bertahan itu tidak gampang. Hampir 6 bulan kita latihan sore dan malam. Mental anak-anak juga harus siap,” jelasnya.  

Senada, Kepala Pelatih Kabupaten Sidoarjo, Bisma Yulian menambahkan, capaian tersebut berkat hasil latihan para atlet. Selain berlatih, lanjutnya, menyiapkan mental pantang menyerah juga menjadi fokus penting sebagai bentuk persiapan sebelum kompetisi. 

"Selain berlatih, mental atlet juga harus diperkuat karena mempertahankan juara itu tidak gampang, jadi mental pantang menyerah itu harus ditanamkan,” tegasnya. (yab/idc/s)

#PORPROV Jatim #olahraga #Porprov Jatim VIII/2023 #karate