Rabu, 17 Juli 2024

Siap Sinergi dan Kolaborasi dengan Pemprov Tingkatkan Jumlah Penerima KKPHAM

Diunggah pada : 6 Desember 2023 9:47:45 32
Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM, Nur Ichwan, yang mengadakan audiensi dengan Asisten 1 Gubernur Jatim, Benny Sampirwanto, pada hari ini (5/12/2023).

Jatim Newsroom- Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM  Jawa Timur terus berupaya meningkatkan jumlah penerima predikat Kabupaten atau  Kota Peduli Hak Asasi Manusia (KKPHAM). Salah satu langkah konkritnya adalah dengan meningkatkan kerja sama dan koordinasi dengan Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

Langkah awal telah dilakukan Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM, Nur Ichwan, yang mengadakan audiensi dengan Asisten 1 Gubernur Jatim, Benny Sampirwanto. Dalam pertemuan tersebut, Nur Ichwan didampingi oleh Kabid HAM, Wiwit Purwani, dan Kasubbid Pemajuan HAM, Ratno Suhartono.

Hasil dari pertemuan tersebut adalah terbentuknya kesepakatan kerja sama dalam peningkatan Kegiatan Rencana Aksi Nasional HAM dan pencapaian penghargaan Kabupaten/Kota Peduli HAM. "Tahun ini, terdapat penurunan jumlah wilayah yang memperoleh penghargaan tersebut," ujar Nur Ichwan, dalam rilis Kementerian Hukum dan HAM, Rabu (6/12/2023).

Meskipun salah satu dari 12 Kabupaten/Kota yang mendapatkan penghargaan KKPHAM berhasil meraih nilai tertinggi se-Indonesia, namun jumlah perolehan yang relatif kecil. Sehingga menuntut adanya evaluasi dan dukungan lebih lanjut dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur serta Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM.

"Tujuannya adalah untuk lebih memotivasi Pemerintah daerah agar lebih aktif menjadi KKPHAM," tutur pria yang akrab disapa iwenk ini.

Diharapkan, kerja sama ini dapat menciptakan sinergi yang lebih baik antara Kemenkumham Jatim dan Pemerintah Provinsi Jawa Timur guna meningkatkan pemahaman dan pelaksanaan hak asasi manusia di tingkat daerah. (mad/hjr)

#Kemenkumham Jatim