Rabu, 8 Mei 2024

Selama Ramadan 1445 H, Pemkab Pasuruan Gelar Program Ngabuburit Bareng Dukcapil

Diunggah pada : 21 Maret 2024 11:27:06 8
Foto : ProKomPim Kab Pasuruan

Jatim Newsroom – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Pasuruan mempunyai program “Ngabuburit Bareng Dukcapil", yakni kegiatan yang dilaksanakan selama bulan suci Ramadhan 1445 Hijriyah dalam rangka memberikan pelayanan kependudukan bagi masyarakat di Kabupaten Pasuruan selain dapat ditunggu dan langsung jadi, pelayanannya dipastikan bebas dari biaya pengurusan alias gratis.

Kepala Dispendukcapil Kabupaten Pasuruan, Tectona Jati, mengatakan layanan terkait kepengurusan dokumen kependudukan ini, selain dapat ditunggu dan langsung jadi, pelayanannya dipastikan bebas dari biaya pengurusan alias gratis

"Saya mengimbau kepada seluruh masyarakat agar bisa memanfaatkan layanan kami yang ada di lokasi tersebut. Istimewanya, sambil menunggu pelayanan dokumen selesai, pemohon bisa mendapatkan ta'jil yang sudah kami sediakan khusus," jelasnya, Kamis (21/3/2024). 

“Adapun jenis pelayanan, perekaman KTP elektronik, cetak KTP elektronik, cetak KIA dan aktivasi Identitas Kependudukan Digital (IKD). Karena ini layanan sangat umum yang sangat dibutuhkan, maka masyarakat diharapkan dapat benar-benar memanfaatkan pelayanan yang bertujuan untuk memberikan kemudahan dan percepatan proses pengurusan dokumen kependudukan tersebut,”ujanya.

"Lokasi yang menjadi sasaran kita menyesuaikan dengan tempat digelarnya Safari Ramadhan yang akan dihadiri oleh Bapak Pj. Bupati Pasuruan yakni di 4 Kecamatan. Kami juga menambah 4 kecamatan lagi dalam rangka pemerataan. Jadi total ada 8 lokasi layanan Ngabuburit Dispendukcapil,"  ucapnya.

Kadispendukcapil juga mengatakan, kegiatan pertama dilaksanakan pada tanggal 13 Maret 2024 di Desa Bulusari, Kecamatan Gempol. Kedua di Desa Martopuro, Kecamatan Purwosari pada tanggal 15 Maret 2024. Ketiga di Kecamatan Bangil pada tanggal 19 Maret 2024. Gelaran Ngabuburit Dispendukcapil keempat akan dilaksanakan pada tanggal 22 Maret 2024, bertempat di Kecamatan Wonorejo. Kelima di Kecamatan Gondangwetan pada tanggal 26 Maret 2024. Keenam di Kecamatan Grati pada tanggal 2 April 2024.

“Sedangkan pelaksanaan yang ketujuh akan dilaksanakan di Masjid Cheng Hoo Pandaan pada tanggal 3 April 2024. Terakhir, Ngabuburit Dispendukcapil akan dilaksanakan pada tanggal 5 April 2024 di Desa Ngempit, Kecamatan Kraton.,”tambahnya.

Penjabat (Pj.) Bupati Pasuruan, Andriyanto meminta kepada Kepala Dispendukcapil bersama jajarannya agar terus meningkatkan pelayanannya kepada masyarakat. Tidak terkecuali selama bulan Ramadhan yang dilakukan melalui kegiatan "Ngabuburit Bareng Dukcapil".

"Saya berharap, inovasi layanan "Ngabuburit Bareng Dukcapil" dapat dilaksanakan dengan maksimal. Masyarakat bisa ngabuburit diberi takjil gratis, sambil mengurus KTP dan lainnya yang menurut saya sangat cepat prosesnya tidak sampai 5 menit,”ujarnya.(yan/s)

#kabupaten pasuruan